Bunda Literasi Kota Banjarbaru Vivi Mar'i Zubedi menyatakan siap meningkatkan minat membaca masyarakat yang mengalami penurunan karena pengaruh kemajuan zaman di era teknologi informasi.
 
"Minat baca masyarakat menurun, sehingga kami siap meningkatkan minat baca melalui terobosan yang diprogramkan," ujarnya di Aula Gawi Sabarataan Banjarbaru, Kamis usai dikukuhkan sebagai Bunda Literasi.
 
Menurut Vivi, yang juga istri Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin itu, generasi muda sekarang lebih senang menonton dan bermain game melalui telepon seluler yang dilengkapi aplikasi terbaru.
 
Ia mengharapkan, peran orang tua untuk mencegah atau mengurangi penggunaan "smartphone" bagi anak mereka di rumah dan mengarahkan agar lebih banyak membaca buku sebagai bagian dari literasi.
 
"Langkah meningkatkan literasi melalui peningkatan minat baca menjadi tanggung jawab semuanya terutama orang tua di rumah yang harus lebih memperhatikan anak saat menggunakan gadget," ujarnya.
 
Sebelumnya, Wali Kota H M Aditya Mufti Ariffin setelah mengukuhkan Bunda Literasi Kota Banjarbaru yang diharapkannya menjadi inspirasi dan memotivasi masyarakat sehingga semakin tinggi minat bacanya.
 
"Kami berharap pengukuhan Bunda Literasi ini mampu memberikan motivasi maupun inspirasi dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui peningkatan minat baca di masyarakat," ujar wali kota.
 
Baca juga: Wali Kota kukuhkan Bunda Literasi Banjarbaru
Baca juga: Tim UPM Jakarta latih pengrajin purun Banjarbaru menuju digitalisasi UMKM
Baca juga: Pemkot Banjarbaru perhatikan penyandang disabilitas

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022