Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menggelar kompetisi inovasi kelistrikan bertema "Innovation for electrifying lifestyle 2022".

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Kalselteng Sigit Fanani saat jumpa pers terkait kompetisi ini di kampus Poliban, Rabu, menyampaikan kompetisi ini sebagai kepedulian PLN menyalurkan tanggungjawab sosial lingkungan atau CSR, salah satu sasarannya di bidang pendidikan.

Dengan berkolaborasi dengan Poliban, tutur dia, pihaknya mendorong para mahasiswa hingga masyarakat umum yang memiliki keilmuan dapat membuat karya inovasi memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan karya itu di kompetisi ini.

"Karya inovatif yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari dengan memanfaatkan kelistrikan," terangnya.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW Kalselteng Winardi mengatakan bahwa daya kelistrikan di provinsi ini surplus, bahkan mencapai 28 persen.

"Jadi silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kami mengajak mahasiswa dan masyarakat umum yang memiliki produk inovatif mengikuti kompetisi ini," ujarnya.

"Misalnya buat alat dengan daya listrik yang bisa memudahkan mengupas kelapa bahkan sampai memisahkan isinya, seperti ini contoh kompetisinya," ujar Winardi.

Wakil Direktur III Poliban Dra Nurhidayati M.Pd menyatakan menyambut baik digelarnya kompetisi ini di kampusnya.

"Kami berterima kasih PLN mempercayakan kegiatan ini kepada kampus kami, tentunya kami bertekad bisa sukses," ujarnya.

Ketua Panitia Kompetisi Agus Setyo Budi Nugroho menyampaikan, kompetisi ini mulai membuka pendaftaran pada 11 April hingga 29 Mei 2022.

Menurut Agus, yang juga Kepala UPT TIK dan dosen juru teknik elektro tersebut, ada dua kategori dikompetisikan, yaitu Inovasi dan tepat guna.

"Pendaftaran tidak dipungut biaya, hadiah total Rp100 juta," paparnya.

Mahasiswa dan masyarakat umum bisa membuka website "Poliban.ac.id/PLN untuk keterangan lebih jelas.

Baca juga: Poliban terima dua penghargaan terbaik dari KPPN Banjarmasin Awards
Baca juga: Vaksinasi serentak se-Indonesia digelar pula di Poliban Kalsel
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022