Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono meminta pengurus Spesial Olympic Indonesia (SOIna) Kota Banjarbaru mampu membangkitkan semangat anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengukir prestasi di bidang olahraga.

"Pengurus yang baru selain mampu menjalankan amanah dan tanggung jawab juga berperan mengembangkan minat dan bakat serta prestasi para penyandang tunagrahita," ujarnya di Banjarbaru, Rabu.

Pesan itu disampaikan wawali pada pelantikan pengurus Spesial Olympic Indonesia (SOIna) Kota Banjarbaru masa bakti 2021-2024 di aula SLB-C Pembina Jalan Ahmad Yani Km 20 Landasan Ulin Barat, Banjarbaru. 

Ditekankan wawali, penyandang tunagrahita membutuhkan perhatian yang sama, seperti anak-anak normal lainnya sehingga kemampuan mereka di bidang olahraga juga harus diasah agar mampu meraih prestasi. 

"Kami menilai SOIna Banjarbaru sebagai wadah pembinaan prestasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus bidang olahraga telah berhasil dalam membina dan mendidik anak-anak difabel," ucap wawali.

Dikatakan, langkah selanjutnya, segera laksanakan konsolidasi internal terkait program kerja dan pembinaan, serta perkuat sinergi kemitraan berbagai pihak terkait baik pemerintah, swasta, institusi pendidikan, dan masyarakat.

Ketua SOIna Kota Banjarbaru masa bakti 2021-2024 Elik Supriyati S Pd mengatakan, pihaknya akan berupaya membina dan mengasah kemampuan anak disabilitas sehingga mampu berprestasi di bidang olahraga. 

"Kami berupaya membina mereka sesuai minat, bakat dan kemampuan di bidang olahraga sehingga mampu meraih prestasi yang maksimal pada perlombaan atau event olahraga yang diikuti," ujarnya.

Sementara, panitia pelaksana Pekan Special Olympics Daerah (Pesoda) 2021 Banjarbaru Yayu mengatakan, kontingen Banjarbaru berhasil meraih peringkat pada event olahraga khusus penyandang disabilitas itu. 

"Harapan kita semua, atlet-atlet yang memperkuat Kota Banjarbaru dalam Pesoda mampu meraih prestasi lebih baik lagi sehingga bisa berprestasi di tingkat nasional hingga internasional," katanya. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021