Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry memulai pembayaran zakat profesi di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, kemudian diikuti Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Sekretaris Daerah HSS HM Noor..

Ia mengatakan, bersyukur mulai hari ini, Jumat (15/5) pagi telah dimulai untuk menyerahkan zakat profesi, kalau dulu di awal ramadhan pihaknya juga telah mengeluarkan zakat fitrah, infaq dan sedekah.

Baca juga: Eratkan kemitraan, Bupati HSS serahkan paket lebaran untuk para wartawan

"Hari ini kita mengumpulkan lagi zakat profesi atau zakat mal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) kita dan akan kita salurkan untuk warga yang terdampak Covid-19," katanya, usai membayarkan zakat profesi melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ), Bagian Kesra Setda Pemkab HSS, bertempat di Mushola As-Syifa Setda Pemkab HSS.

Ia berharap, agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hari ini juga bisa mengantarkan zakatnya, dan seandainya apabila ada ASN ingin membagikan sendiri zakatnya dipersilahkan tetapi agar bisa juga tetap tercatat di panitia.

Hasil dari pengumpulan zakat ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19, dan untuk zakat fitrah akan segera bagikan sebelum hari raya Idul Fitri nanti.

Baca juga: Zakat, infaq dan Sedekah dari ASN HSS mulai disalurkan

Zakat penghasilan atau zakat profesi (al-mal al-mustafad) adalah zakat yang dikenakan pada setiap pekerjaan atau keahlian profesional tertentu, baik yang dilakukan sendirian maupun bersama dengan orang atau lembaga lain,

Di mana pekerjaan atau keahlian profesional tersebut mendatangkan penghasilan atau uang halal dan telah memenuhi nisab atau batas minimum untuk wajib membayarkan zakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020