Pecatur Muda dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Galang Aditya Wardhana kembali toreh prestasi setelah sukses meraih juara ketiga pada pertandingan catur cepat terbuka Rektor CUP IV dalam rangka Dies Natalis ke-61 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Tahun 2019 yang digelar di Banjarmasin, 20-22 September 2019 yang lalu.

Menurut ayah Galang, Indra Darmawan yang ikut mendampingi langsung pada kejuaran tersebut menyampaikan, Galang turun di kategori kelompok campuran senior putri, junior putra dan junior putri mampu menyingkirkan lawan-lawannya dari lima puluhan lebih peserta melalui sistem swiss dan berhasil masuk ke delapan besar.

Baca juga: Dinas Perdagangan HST raih penghargaan ICBS Indonesia Presidential Award

"Hingga melaju ke semifinal melalui sistem gugur, namun harus puas diposisi ketiga di bawah Ria Agustina, mahasiswi asal Kapuas, Kalteng yang berada di posisi kedua dan Sultan Aulia asal Kapuas, Kalteng yang berhasil sebagai juara pertama," terangnya, Jum'at (27/9) di Barabai.

Lebih lanjut pria yang beralamat di Jl. Sarigading Barabai ini menceritakan, bahwa yang membuat dirinya bangga saat nama Galang disebut oleh panitia sebagai juara ketiga, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor secara spontan berteriak dengan lantang "Hidup HST" yang tentu saja disambut balik dan tepuk tangan oleh seluruh atlet dan undangan yang berhadir.

Baca juga: Dinas Pendidikan HST dapat jatah Rp 359 Millar

"Bahkan setelah acara penyerahan tropi berakhir, ketua umum Pengprov Percasi Kalsel, Muhammad Amin masih penasaran dengan sosok Galang dan mengundang kembali untuk bertanding mengikuti turnamen bersama puluhan atlet catur senior Kalsel di kediamannya Simpang Enam Banjarmasin, Minggu (22/9), dan Galang berhasil keluar sebagai juara kedua," ujar Indra.

Tercatat sebelumnya, siswa kelas VII SMPN 10 HST ini juga berhasil membawa pulang dua medali emas pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur se-Kalsel tahun 2019 yang digelar 5-7 Juli 2019 di Banjarmasin, yaitu sebagai juara pertama pada kelompok SMP dan Juara Pertama pada kelompok campuran senior/junior.

Baca juga: Masyarakat HST terus berharap hujan

Selanjutnya, atlet muda berusia 13 tahun tersebut kembali meraih juara kedua kelompok SMP pada Kejuaraan Catur Walikota Samarinda CUP tingkat pelajar se Indonesia yang digelar 19-21 Juli 2019 oleh Dispora Kota Samarinda bersama Pengcab Percasi Samarinda di GOR Segiri Samarinda, Kalimantan Timur.

Didampingi ayahnya, Galang mengaku bersyukur bisa kembali meraih penghargaan dan bisa mempersembahkannya untuk Kabupaten HST.

Baca juga: Perguruan pencak silat Jasa Datu Macan Terkam HST juara

"Alhamdulillah sangat bangga bisa mempersembahkan untuk HST dan raihan ini melecut semangat saya untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengcab Percasi Kab. HST H Fachrin mengungkapkan rasa syukur dan mengapresiasi atlet mudanya yang  mampu meraih juara ketiga dalam Rektor CUP IV.

"Kita bersyukur punya bibit pecatur yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Hulu Sungai Tengah," ujarnya.

Baca juga: Harun Nurasid pendaftar pertama Balon Bupati HST di Partai Golkar
Baca juga: Ibu-ibu di HST dilatih keterampilan menjahit

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019