Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum APBD dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Tahun Anggaran 2020, pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD setempat, Kamis, (26/9).

Bupati memaparkan, jatah terbesar pada alokasi belanja Tahun 2020 itu adalah Dinas Pendidikan yaitu sebesar Rp359 miliar atau sekitar 24,18 persen dari APBD.

Baca juga: Masyarakat HST terus berharap hujan

Sedangkan untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rp192 Miliar/ 12,96 persen dan Dinas lainnya Rp 163 Miliar/ 11,00 persen.

Untuk alokasi terbesar belanja langsung memang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yaitu sebesar Rp187 Miliar/ 28 persen, Dinas Kesehatan Rp 101 Miliar/15 persen dan RSUD H Damanhuri sebesar Rp 88 Miliar/ 13 persen.

Baca juga: Bupati HST minta masukan terkait pembangunan

"Sesuai amanat Undang Undang, kita harus mengalokasikan dana pendidikan minimal 20 persen dari APBD, namun pada rancangan PPAS kita sudah mengalokasikan lebih dari 26 persen, demikian pula dengan ketentuan alokasi belanja kesehatan minimal 10 persen di luar belanja untuk pegawai, maka pada rancangan PPAS ini kita sudah mengalokasikan lebih dari 12 persen," kata Chairansyah.

Dengan disampaikannya Rancangan Kebijakan Umum APBD 2020 ini, dia mengharapkan bisa dibahas serta terjalin kerja sama yang baik antara pemerintah dan DPRD sehingga bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat HST.

Baca juga: Perguruan pencak silat Jasa Datu Macan Terkam HST juara

Ditambahkan Chairansyah, bahwa ada beberapa permasalahan pembangunan yang kita hadapi ke depan, yaitu kemiskinan yang penurunannya belum sesuai harapan serta pertumbuhan ekonomi yang belum berdampak besar pada penurunan kemiskinan.

"Untuk itu, maka pada tahum 2020, sesuai dengan tahapan RPJMD, Tema pembangunan yang kita usung adalah peningkatan dan perluasan kesejahteraan. Tema ini menyiratkan perubahan kondisi. Maka kita harus mampu mengarahkan segera sumber daya untuk meningkatkan kesejehteraan masyarakat," tuntasnya.

Baca juga: Harun Nurasid pendaftar pertama Balon Bupati HST di Partai Golkar
Baca juga: Ini penyebab sekolah di HST pulang lebih awal

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019