Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terus berharap agar hujan turun. Salah satu yang dilakukan adalah menggelar shalat istisqa oleh ratusan warga Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 HST di Birayang, Rabu (25/9).

Sholat Istisqa yang diimami sekaligus khatib oleh KH Abdul Jabbar ini diikuti oleh alim ulama, tokoh agama, instansi kecamatan, polsek, koramil, warga dan pelajar  dari MAN 3 HST, MTSN 6 HST dan SMAN 3 HST.

Baca juga: Masyarakat HST berdo'a memohon hujan

Camat BAS, Eddy Rahmawan dalam sambutannya mengatakan, digelarnya shalat istisqa ini selain memohon hujan turun, juga memohon agar tercegah bencana kabut asap pada musim kemarau 2019 ini.

Dimana, selama beberapa bulan terakhir tidak turun hujan sama sekali, banyak lahan yang kekeringan, sumber air bersih juga berkurang di beberapa wilayah Kecamatan BAS.

Baca juga: Ini penyebab sekolah di HST pulang lebih awal

Selanjutnya, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kecamatan BAS untuk turut berperan aktif dalam menanggulangi asap dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

KH Abdul Jabbar dalam khotbahnya mengajak untuk beristighfar, berdoa bersama memohon kepada Allah Swt agar menurunkan hujan.

"Mudah-mudahan Allah menuruntan rahmat berupa hujan sehingga menghilangkan kabut asap dan mengairi tanah, menghijaukan pepohonan serta membuat segar udara yang kita hirup,"  katanya.

Baca juga: Berikut video penangkapan seorang kakek di HST yang kedapatan membakar lahan
Baca juga: Bupati HST canangkan Cukan Lipai menjadi desa kedua bebas Karhutla

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019