Program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terus digalakkan. Salah satunya di Desa Pemangkih Seberang Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU).

Sebanyak 20 ibu-ibu diberikan peningkatan keterampilan melalui kursus menjahit untuk meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan keluarga bertempat di Gedung Olahraga Desa Pemangkih Seberang,  kini sudah selesai dan resmi ditutup, Selasa (24/9) di Aula Dinas PM, PTSP dan Tenaga Kerja.

Baca juga: Bupati HST dikunjungi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel

Kursus menjahit itu dilaksanakan selama 24 hari dari tanggal 28 Agustus-24 September 2019.

Camat LAU, Muhammad Anhar mengungkapkan, rasa syukur dan bangga dengan diadakannya kegiatan ini, yang tentunya sejalan dengan salah satu sasaran program P2WKSS, yaitu peningkatan peran dan pendapatan wanita dalam perekonomian keluarga.

"Pelatihan menjahit ini dalam rangka meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan guna mewujudkan keluarga berkualitas," ungkapnya.

Baca juga: Ini penyebab sekolah di HST pulang lebih awal

Lebih lanjut, pria lulusan STPDN ini mengatakan, selain ilmu mereka dapat yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan sandang anggota keluarga, juga menjadi potensi ekonomi yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

"Peluang ini akan dikawal oleh Pemerintah Desa yang berniat akan memberdayakan mereka melalui wadah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) "Tailor" yang akan mengelola manajemen kelompok penjahit, ini lebih baik dan menghasilkan dampak peningkatan ekonomi bagi keluarga," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PM, PTSP dan Tenaga Kerja HST, H Zamhasari mengatakan, bahwa pelatihan keterampilan kali ini selain kursus menjahit juga dibarengi dengan pelatihan mesin sepeda motor dan las.

Baca juga: Berikut video penangkapan seorang kakek di HST yang kedapatan membakar lahan

"Bertujuan untuk memberikan bekal, menyiapkan tenaga kerja siap pakai dan mampu bersaing di era globalisasi," katanya.

Menurut Dia, dipilihnya warga Pemangkih Seberang sebagai peserta kursus menjahit kali ini merupakan sebagai dukungan pemerintah daerah dalam mensukseskan program P2WKSS.

"Desa Pemangkih Seberang ini nantinya akan mewakili HST dalam  ajang lomba tingkat Provinsi Kalsel dan melalui kursus menjahit tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan yang dilakukan untuk memaksimalkan peran perempuan dalam masyarakat menuju keluarga sehat dan sejahtera," katanya.

Pelatihan menjahit para ibu-ibu di Kabupaten HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019