Kamis, 21 September 2017

Aksi Solidaritas HMI Kandangan Peduli Rohingya

id HMI Kandangan, Pemkab HSS, Kominfo HSS, Rohingya
Aksi Solidaritas HMI Kandangan Peduli Rohingya
Aksi Solidaritas untuk Muslim Rohingya dari Puluhan Kader HMI Kandangan (Antarakalsel/Fathurrahman/Ist)
Kami juga Meminta Pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk menyediakan lahan, untuk penampungan sementara etnis rohingya,
Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana peduli Rohingya.

Ketua HMI Kandangan sekaligus Koordinator Aksi Muhammad Rezki, di Kandangan, Jum'at (8/9), mengatakan, kegiatan ini merupakan intruksi dari Pengurus Besar (PB) HMI,  serentak dilakukan di masing-masing cabang, seluruh Indonesia sebagai solidaritas untuk etnis muslim Rohingya.

"Dana yang terkumpul akan disalurkan langsung melalui rekening Yayasan HMI Peduli, dengan Nomor 123-000-645-55804 yang dikoordinir oleh Bendahara Umum PB HMI,"katanya.

Peserta aksi Mega Arianty,  mengatakan,  mengutuk perbuatan kejahatan terhadap etnis Rohingya yang telah diperlakukan semena-mena di Myanmar, dan menuntut penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) yang direnggut dari etnis Rohingya.

Senada dengan itu, Peserta aksi Muhammad Husairi, mengatakan, HMI Kandangan menyampaikan beberapa point tuntuan  antara lain, mengutuk tindak kejahatan kemanusiaan yang dilakukan, baik  oleh sipil dan aparat keamanan Myanmar terhadap etnis rohingya.

HMI Kandangan Mendesak Pemerintah untuk aktif menekan Pemerintah Myanmar,  segera menghentikan tindak kejahatan kemanusiaan, baik yang dilakukan oleh sipil dan aparat keamanan Myanmar.

"Kami juga Meminta Pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk menyediakan lahan, untuk penampungan sementara etnis rohingya,"katanya, saat menyampaikan orasi dalam aksi solidaritas bertempat di Seputaran Tugu Dodol, Pasar Kandangan dan Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Jumat (8/9).

Ia juga menyerukan seluruh masyarakat budha di Indonesia, dan umat muslim di Indonesia jangan terpancing dan diadu domba dengan isu yang salah, dan sesama muslim, ia  mengajak untuk menunjukan Islam. agama yang "Rahmatan Lil Alamin".

Aksi ini diakhiri  doa bersama untuk kaum muslimin yang ada di Myanmar  agar tabah menghadapi cobaan, dan bagi yang sudah meninggal dunia, semoga amal perbuatannya diterima di sisi Allah SWT.

Selain aksi ini, HMI Kandangan juga mengirimkan pernyataan sikap terkait aksi solidaritas tesebut, ke Kepolisian Resort (Polres) HSS dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, dilengkapi ratusan tanda tangan kader HMI Kandangan.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga