Kamis, 17 Agustus 2017

Pembentukan Karakter Anak Dilakukan Sejak Dini

id Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Hari Anak Nasional, TP PKK, Paud
Pembentukan Karakter Anak Dilakukan Sejak Dini
Ketua TP PKK Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin, mendampingi anak-anak usia dini pada lomba mewarnai di Hari Anak Nasional 2017 (Antaranews Kalsel/Roly Supriadi)
Balangan, (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berharap anak usia dini mendapatkan wadah dan kesempatan dalam pembentukan karakter sejak dini.


Hal tersebut diungkapkan agar anak usia dini dapat menumbuhkan rasa percaya diri, merangsang kreativitas, melatih mereka bersosialisasi, serta memperkuat perasaan diterima oleh lingkungan sosialnya.

Ketua TP PKK Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin, Selasa (1/8) di Aula Mahligai Mayang Maurai, saat dilaksanakan lomba mewarnai anak dalam peringatan hari anak nasional 2017 mengatakan, bahwa pendidikan bukan semata-mata transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga penanaman dan pembangunan karakter pada diri para peserta didik.

"Keterpaduan antara ilmu pengetahuan, keterampilan, akhlak mulia dan karakter-karakter positif adalah kondisi yang hendak kita wujudkan, khususnya dalam diri para peserta didik dan generasi muda, serta secara umum pada seluruh sumber daya manusia yang kita miliki," sampainya.

Kita lanjutnya, hidup dan bekerja adalah untuk masa depan. Apa yang kita lakukan saat ini, bukan untuk kita nikmati saat ini, melainkan untuk kita petik hasilnya esok hari, minggu depan, tahun depan, bahkan nanti setelah generasi yang lebih muda menggantikan posisi kita.

"Oleh karena itu, dalam melakukan segala upaya menciptakan kondisi yang lebih baik, kita harus berorientasi ke masa depan," jelasnya.

Dalam perspektif tersebut, semua yang kita berikan dalam mendidik anak-anak, tidak lain adalah investasi kita untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, sejahtera dan mandiri bagi masyarakat dan banua. Karena, anak-anak kita merupakan tangan-tangan yang akan menentukan masa depan Balangan. 

Ia menambahkan, kondisi Balangan di masa depan akan sangat tergantung kepada kemampuan dan keterampilan mereka dalam mengelola daerah. "Maka, di situlah letak pentingnya kita mendidik dan memfasilitasi generasi penerus, agar mereka berkembang seoptimal mungkin, dan mampu mengelola potensi-potensi dalam diri maupun lingkungan mereka demi memberikan yang terbaik bagi daerah," pungkasnya.

Editor: Roly Supriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga