Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Pasar Wadai Ramadan 1439 H di Banjarmasin ini diharapkan dapat menampilkan makanan khas Kalsel khususnya Kota Banjarmasin, yang saat ini keberadaannya hampir tidak pernah ditemukan lagi, kecuali saat momen bulan Ramadan.

Dengan tampilnya makanan khas tersebut, maka keberadaan pasar tersebut, selain untuk menghidangkan makanan untuk berbuka puasa, juga bisa ikut melestarikan kasanah kuliner khas kota seribu sungai.

Demikian harapan yang disampaikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam  sambutannya yang dibacakan Sekda Provinsi Kalsel H Abdul Haris Makkie, dalam kegiatan pembukaan Pasar Wadai Ramadan di kawasan Siring Balai Kota Banjarmasin, Kamis (17/05).

Mengingat kegiatan Pasar Wadai Ramadan telah menjadi event tahunan yang diperuntukan sebagai kawasan penyedia hidangan berbuka bagi masyarakat.

Makan, katanya lagi, manajemen pengelolaannya hendaknya dapat lebih ditingkatkan sehingga keberadaan pasar tersebut ke depannya bisa menjadi salah satu destinasi wisata. “Melalui kegiatan ini kita bisa menikmati makanan tempo dulu. Karena itu, pengelolaan pasar wadai ini perlu ditingkatkan lagi, sehingga bisa menjadi destinasi wisata yang dapat menarikminta wisatawan berkunjung,” katanya

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Pasar wadai Ramadan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakan syiar Islam di bulan suci penuh berkah ini.

Selain itu, lanjut Hermansyah, kegiatan pasar tersebut juga telah masuk dalam kalender budaya Kota Banjarmasin dan Kalsel. “Tahun ini pasar wadai Ramadan dilaksanakan di tempat yang sama seperti tahun lalu. Untuk mewujudkan nilai estetika dilokasi berjualan, maka pihak panitia telah mendirikan stand pedagang kuliner sebanyak 150 unit, stand UKM 26 unit, stand paguyuban 100 unit dan stand koperasi 4 unit,” jelasnya.

Diharapkan, tuturnya, keberadaan Pasar Wadai Ramadan ini dapat dijadikan obyek wisata yang dapat menarik minta para wisatwan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Kota Banjarmasin. “Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada para pedagang, pengunjung pasar ini untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan selama pelaksanaan kegiatan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir, Plh Sekda Kota Banjarmasin H A Hamdi, para asisten, para kepala dinas, para camat dan lurah se Kota Banjarmasin, serta Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah berserta jajarannya.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018