Rantau, (Antaranews Kalsel) - Hutan Kota Rantau yang berada di kawasan Rantau Baru Kabupaten Tapin kedatangan penghuni baru yakni sepasang rusa asal Kalimantan Tengah sejak Jumat kemaren.

Sepasang rusa yang didatangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tapin tersebut, bertujuan untuk menambah koleksi flora dan fauna di Hutan Kota Rantau.

Sekertaris Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Wagimin mengatakan, tujuan didatangkannya sepasang rusa tersebut untuk lebih menghidupkan suasana di Hutan Kota Rantau.

"Itu sesuai permintaan Bupati dan sudah di anggarkan di APBD dan baru sekarang terlaksana," ujar Wagimin.

Dijelaskan Wagimin,  rencana Pemkab Tapin akan kembali menambah tiga ekor rusa di Hutan Kota kedepannya.

"Rencananya lima ekor, namun untuk sementara sepasang dulu, sisanya mungkin akan menyusul nanti," ujarnya lagi.

Sarlian petugas pemelihara sepasang hewan yang biasa di sebut menjangan tersebut mengatakan, bahwa saat ini kondisi hewan sehat saja, namun masih dalam keadaan agak setres, karena proses menyesuaikan dengan hunian baru.

"Untuk makan lancar saja dua kali sehari, namun saat kita masuk kandang kedua rusa tersebut berlarian karena masih agak setres," ujarnya.

Sementara untuk pengunjung, tambah dia, masih belum banyak, hal tersebut  karena masyarakat  belum  mengetahui keberadaan rusa tersebut.

Untuk makan  cukup mudah, karena ia cukup menyediakan bekas buah-buahan, kulit pisang, atau daun nangka serta di campur dengan dedak.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017