Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Kartoyo SM menyatakan penerapan nilai-nilai Pancasila masyarakat bisa  semakin damai.

Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyatakan itu dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kandangan (135 km utara Banjarmasin) ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel Rais nyatakan pentingnya pengamalan Pancasila di masyarakat

Mantan anggota DPRD "Bumi Rakat Mufakat"HSS tersebut menunjuk contoh salah satu sila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa implementasinya antara lain keberadaan majelis-majelis pengajian dan kegiatan keagamaan lainnya.

"Dengan keberadaan majelis-majelis pengajian serta kegiatan keagamaan dan sebagainya. Insya Allah lingkungan masyarakat akan semakin damai, karena dibekali nilai-nilai dan norma agama," tegas Kartoyo.

Begitu juga dengan seperti gotong royong, saling empati, saling memahami, kesemua itu nilai-nilai Pancasila sangat penting menyosialisasikan di masyarakat terlebih bagi yang awam. 

"Dengan terciptanya lingkungan yang saling memahami, maka konflik antar kelompok bisa diredam, dan pada gilirannya terwujud kedamaian," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, HSS dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu.

Baca juga: Pj Bupati Batola: Sejak diproklamasikan NKRI banyak terjadi rongrongan

Wakil Ketua DPRD Kalsel H Kartoyo saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kandangan (135 km utara Banjarmasin) ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (19/10/2024) (ANTARA/HO Humas Setwan Kalsel.)

Ia juga menginginkan, melalui sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila menimbulkan rasa nasionalisme, kecintaan terhadap negara dan para pahlawan yang berjasa.

"Para pahlawan atau pendahulu itu mengorbankan jiwa raga untuk kenyamanan yang kita rasakan sampai hari ini," demikian Kartoyo.

Warga "Kota Dodol" Kandangan tersebut cukup antusias mengikuti edukasi Wakil Ketua DPRD Kalsel Kartoyo melalui sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau dulu dengan sebutan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang).



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024