Petugas Bea Cukai Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan memperkenalkan peran strategis instansi kepabeanan dan cukai kepada sejumlah mahasiswa Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (ASMI) Citra Nusantara Banjarmasin.

Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin R Teddy Laksmana di Banjarmasin, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut merupakan program Campus Goes To Customs untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap peran Bea Cukai terhadap perekonomian nasional.

Baca juga: Bea Cukai Banjarmasin musnahkan 1,5 juta batang rokok tidak resmi

Teddy mengharapkan program yang melibatkan mahasiswa jurusan manajemen bisnis tersebut memberikan wawasan baru dan menginspirasi bagi generasi muda.

“Agar berperan aktif mendukung perekonomian bangsa melalui pemahaman yang lebih baik tentang tugas dan fungsi Bea Cukai,” kata Teddy.

Pejabat Fungsional Pemeriksa dari Bea Cukai Banjarmasin menyampaikan materi seputar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta peran strategis institusi kepabeanan dan cukai.

Selain itu, mahasiswa juga menerima pengetahuan mengenai kontribusi Bea Cukai terhadap penerimaan negara melalui pengawasan lalu lintas barang impor dan ekspor, serta pengelolaan cukai.

Baca juga: Bea Cukai Banjarmasin gandeng UMKM ekspor tanaman hias

Pemateri kegiatan juga mengajak para peserta memahami lebih dalam mengenai proses dan tanggung jawab Bea Cukai mendukung keberlanjutan fiskal negara, serta perlindungan masyarakat dari peredaran barang ilegal yang dapat merugikan perekonomian dan kesehatan.

Mahasiswa mengapresiasi program Campus Goes To Customs untuk belajar langsung dari para praktisi pada bidang kepabeanan dan cukai.

Kunjungan mahasiswa tersebut juga menjadi ajang interaksi dan diskusi untuk memperkuat sinergi antara dunia akademik dan praktisi pemerintahan.

Pihak Bea Cukai Banjarmasin pun mengharapkan dapat bersinergi dengan institusi pendidikan melalui kegiatan Campus Goes To Customs secara berkelanjutan dan memperkenalkan peran Bea Cukai menjaga stabilitas ekonomi, serta melindungi kepentingan masyarakat.

Baca juga: Bea Cukai Banjarmasin percepat transformasi via "Customs Award" 2024
 
Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin R Teddy Laksmana dan jajaran foto bersama dengan peserta kegiatan "Campus Goes To Customs" di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (26/9/2024). (ANTARA/HO-Bea Cukai Banjarmasin)

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024