Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin Prof. Dr H Hafiz Anshari MA menyebutkan Sunnah Rasulullah Muhammad Saw yang paling sering mengucap "Basmallah" atau kalimat Bismillahirrahmanirrahim.

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut mengemukakan itu pada Peringatan Maulid 1446 Hijriah dengan tema "Menghidupkan Sunnah Rasulullah Saw Dalam Kehidupan Sehari-hari" di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Sabtu malam.

Baca juga: Ustadz Walad ungkap rahasia "Arba Musta'mir"

Menurut Guru Besar Bidang Keagamaan tersebut, sunnah itu sama dengan tradisi atau kebiasaan. Jadi Sunnah Rasulullah Saw berarti kebiasaan Beginda Rasul yang sudah menjadi tradisi," ucap Prof Hafiz.

Dengan mengutip Hadits Rasulullah Saw, Guru Besar satu-satunya perguruan tinggi Islam negeri di "Bumi Lambang Mangkurat " Kalsel itu perbuatan sebaik apapun tanpa Basmallah terputus dari rahmat Allah.

"Mengucap Basmallah itu ringan, namun mendatangkan berkah besar, serta dijauhkan dari syaitan. Basmalah itu kecil, tapi besar manfaatnya," tegas Prof Hafiz.

Ia menambahkan, hal lain yang menjadi tradisi Rasulullah Saw yaitu shalat malam. " Rasulullah Saw tidak pernah meninggalkan shalat malam.

"Sebagaimana Hadits Rasulullah Saw, bahwa shalat malam itu bisa membuat orang tersebut mulia di sisi Allah dan  sesama umat Nya," ujar Hafiz.

Baca juga: Guru Saiful ingatkan berbaik sangka bagian dari iman

Pada kesempatan itu sambil bercanda namun serius, mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tersebut mengatakan, bahwa ibu atau induk ada empat.

Pertama ibu/induknya segala obat yaitu makan tidak banyak atau berlebih-lebihan tanpa memperhatikan larangan. Sementara berdasarkan ilmu pengetahuan sumber penyakit 90 persen dari makanan seperti makanan serba instan dan mengandung vetsin.

Kedua ibunya "adab" yaitu jangan banyak bicara yang bisa menyebabkan menjadi sumber kerusakan. Berikut atau ketiga ibunya ibadah yaitu kurangi berbuat dosa.

"Kemudian yang terakhir atau keempat, ibunya/induknya harapan yaitu kesabaran," demikian Hafiz Anshari.

Memeriahkan atau menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.lantunan ayat-ayat suci Al Qur'an oleh Ustadz Babussalsm, serta irama-irama nasyid dari Group Habsi remaja Masjid Al Faizun Jalan Merpati Komplek Beruntung Jaya.

Baca juga: Ustadz Madnur ingatkan "dipuji jangan tersanjung dan dihina jangan tersinggung"

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin Prof Dr H Hafiz Anshari MA saat ceramah Maulid 1446 H di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Sabtu (14/9/2024) malam. (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024