Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Cuncun Kurniadi menegaskan pihaknya menjamin keamanan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota setempat.

Polresta Banjarmasin menurunkan ratusan personel guna melakukan pengamanan terhadap para pasangan calon kepala daerah Kota Banjarmasin.

Baca juga: Yamin-Ananda mendaftar ke KPU diiringi kesenian Hadrah

"Kami lakukan pengamanan secara ketat kepada para bakal pasangan calon ini mulai dari titik kumpul mereka hingga menuju Kantor KPU Kota Banjarmasin, " ucap Cuncun di Banjarmasin, Rabu.

Tak hanya itu, ujar Cuncun, personel gabungan juga melibatkan dari Kodim 1007/Banjarmasin, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin dan Satpol PP Kota Banjarmasin yang bersinergi untuk mengamankan pelaksanaan pendaftaran pasangan calon kepala daerah pada Pilkada 2024 yang berlangsung pada 27 November.

"Bersama unsur terkait di kota ini, kami bersinergi dan berkolaborasi agar semua proses pendaftaran pasangan calon berjalan aman dan kondusif," jelas Kapolresta Banjarmasin.

Cuncun juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar turut serta menjaga situasi agar terciptanya rasa aman, nyaman dan kondusif di Kota Banjarmasin menjelang Pilkada serentak 2024.

Baca juga: Banjarmasin siap Kawal Pilkada dengan Tertib dan Damai

"Saya pribadi patut bersyukur Kota Banjarmasin ini dalam keadaan aman dan baik-baik saja. Hal itu berkat peran serta seluruh lapisan masyarakat," tutur Kapolresta Banjarmasin.

Sementara itu, Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah mengatakan tahapan pendaftaran ini merupakan tahapan awal bila ingin menjadi calon Wali Kota Banjarmasin dan calon Wakil Wali Kota Banjarmasin.

Para pasangan bakal calon harus menyerahkan berkas administrasi untuk nantinya melakukan pendaftaran sebagai pasangan calon guna berlaga di Pilkada 2024.

Pendaftaran bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin di KPU Banjarmasin berlangsung dari 27-29 Agustus 2024.

Rusnailah juga mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawal jalannya Pilkada 2024 bersih, jujur dan adil serta aman, nyaman serta kondusif.

Baca juga: Rekomendasi Golkar Pilwali Banjarmasin "tumpang tindih"

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024