Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan (Dislutkan Kalsel) menggelar lomba masak serba ikan untuk memperbaiki gizi masyarakat.

Pemprov Kalsel mengadakan lomba masak serba ikan juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: PKK HST wakili Kalsel pada ajang lomba masak tingkat nasional

"Bukan hanya itu dengan adanya lomba masak serba ikan ini, kami juga ingin mengembangkan dan menguatkan ekonomi masyarakat melalui pemasaran hasil perikanan," ucap Kepala Dislutkan Kalsel Rusdi Hartono di Banjarbaru, Selasa.

Rusdi mengatakan kegiatan ini digelar setiap tahun berkat dukungan dari Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Raudatul Jannah atau Acil Odah.

Selain itu, ucap Rusdi, lomba masak serba ikan diharapkan meningkatkan keterampilan memasak para anggota PKK serta memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat.

Baca juga: Pemprov Kalsel gelar lomba masak serba ikan untuk cegah stunting.

“Kami ingin menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan,” ujar Rusdi.

Selanjutnya, Rusdi menyebutkan kriteria lomba masak berbahan dasar ikan itu, antara lain kreativitas, penyajian, dan cita rasa.

Masakan dari peserta harus higienis dan aman untuk dikonsumsi, kemudian keterampilan, kemudahan memasak, serta harga.

“Untuk menu yang dilombakan yaitu menu untuk makan siang bagi keluarga dan bagi balita serta ada juga menu kudapan,” ungkap Rusdi.

Baca juga: Ketua TP PKK HSS semangati tim lomba makan serba ikan

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024