Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada ajang lomba masak tingkat nasional kategori menu keluarga yang bakal digelar November 2023 bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkanas).
 
"Ini suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami khususnya TP PKK Kabupaten HST yang diwakili TP PKK Labuan Amas Selatan, menu yang disajikan untuk menu keluarga adalah Talas Naga Haruan Meratus," kata Ketua TP PKK Kabupaten HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi berdasarkan keterangan tertulis di Barabai, Selasa malam.

Baca juga: Pemprov Kalsel gelar lomba masak serba ikan untuk cegah stunting.
 
Pada lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Kalsel 2023, Kabupaten HST mengirim peserta menu keluarga diwakili oleh Kecamatan LAS, menu Balita diwakili Kecamatan Limpasu dan menu kudapan diwakili PKK Desa Kalibaru.
 
Kabupaten HST meraih juara satu kategori menu keluarga, Kabupatrn Barito Utara mendapat juara satu menu balita, dan Kabupaten Kotabaru menggenggam juara satu menu kudapan.
 
Cheri mengatakan prestasi yang didapat Kabupaten HST itu merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa dan peserta yang terlibat tidak asal ikut perlombaan karena harus menjalani beberapa tahapan dari mulai kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.
 
"Sebagai utusan dari Provinsi dalam lomba masak serba ikan tingkat Nasional nanti dapat membawa nama baik Kalsel di tingkat nasional serta tidak henti-hentinya pihaknya akan terus belajar untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam mengolah menu dan masakan serba ikan," ucap Cheri.

Baca juga: 17 Tim Penggerak PKK se-Batola ikuti Lomba Masak Serba Ikan
 
Pelaksana tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten HST Ahmad Fathoni menyebutkan HST memiliki potensi besar perikanan terutama perairan umum. 
 
"Terima kasih tak terhingga kepada ibu ketua TP PKK Kabupaten HST yang telah memberikan dukungan dalam lomba masak serba ikan, kekayaan kuliner HST akan terus berkembang sebagaimana arahan beliau,” ungkap Fathoni.
 
Fathoni menambahkan seiring dengan itu keragaman masakan berbahan dasar ikan juga dimiliki oleh masyarakat HST dari dulu hingga kini, sehingga hal ini menjadi tanggung jawab kita untuk mengembangkan potensi itu.
 
"Terima kasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada bapak bupati yang telah menginstruksikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk pengembangan perikanan di Kabupaten HST,” tuturnya.

Baca juga: DWP Tanah Bumbu gelar lomba masak antar SKPD

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023