Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru menyatakan ketersediaan hewan kurban jenis sapi dan kambing cukup terpenuhi untuk Idul Adha 2024.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Abu Yajid Bustami di Banjarbaru, Senin, mengatakan pihaknya sudah memiliki data ketersediaan hewan kurban untuk kebutuhan Idul Adha 1445 Hijriah.

Baca juga: PLN tebar 1.700 paket kurban bagi masyakarat Banjarbaru
 
"Ketersediaan hewan kurban kurang lebih 4.158 ekor yang terdiri dari sapi sebanyak 2.346 ekor dan kambing mencapai 1.812 ekor yang melebihi jumlah kebutuhan penyembelihan hewan kurban," ujar Yajid.
 
Berdasarkan data 2023, Yajid mengungkapkan kebutuhan hewan kurban di Kota Banjarbaru untuk sapi sebanyak 1.200 ekor dan kambing mencapai 700 ekor.
 
Yajid menuturkan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah diperkirakan tidak begitu jauh dari tahun lalu sehingga ketersediaan baik sapi maupun kambing mampu memenuhi permintaan.
 
"Jumlah sapi maupun kambing yang berada di peternak baik skala besar maupun kecil kami perhitungan mencukupi kebutuhan sehingga tidak perlu khawatir kekurangan hewan kurban," ungkapnya.
 
Sementara itu, harga hewan kurban pada 2024 hampir sama dengan tahun lalu pada kisaran Rp14 juta-Rp23 juta per ekor untuk sapi dan Rp3 juta-Rp6 juta untuk kambing disesuaikan berat tubuh.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru bagikan daging kurban ke penyandang disabilitas
 
Dikatakan Yajid, Pemkot Banjarbaru telah membentuk tim yang ditugaskan memeriksa hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih untuk memastikan layak disembelih atau tidak saat perayaan Idul Adha.
 
"Kami sudah membentuk tim pemeriksa hewan kurban yang akan terjun sebelum maupun sesudah penyembelihan. Tujuannya untuk memastikan layak tidaknya hewan kurban disembelih," kata dia.
 
Yajid menambahkan pemeriksaan hewan kurban dilakukan jauh hari sebelum penyembelihan dan petugas datang langsung ke lokasi untuk mengecek kesehatan hewan sebelum sembelih dan sesudah disembelih.
 
"Sesuai arahan wali kota, kami juga memberikan edukasi pemilihan hewan kurban yang sehat sehingga masyarakat mengetahui dan mereka disarankan membeli di peternak agar memenuhi syarat," katanya.

Baca juga: DKP3 Banjarbaru temukan cacing hati pada sapi kurban

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024