Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah mengikuti prosesi ziarah ke makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI Purn H Hassan Basry, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di Liang Anggang, Banjarbaru.
 

"Ziarah dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita, atas perjuangan Brigjen TNI Purn H Hassan Basry, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan, " kata Pj Bupati HSS mengutip pers release Diskominfo HSS, di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: DPRD HSS paripurna jawaban eksekutif raperda penyelenggaraan bangunan gedung

Dijelaskan Hermansyah, ziarah diawali dengan pembacaan doa, kemudian  prosesi tabur bunga penghormatan kepada jasa-jasa pahlawan nasional, dan dilanjutkan penyerahan tali asih bagi Legiun Veteran Republik Indonesia (RI), keluarga almarhum Brigjen TNI Purn H Hassan Basry dan petugas makam.

Selanjutnya, besok Kamis (16/5) rangkaian kegiatan akan dilaksanakan untuk puncak HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di Mandapai, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS.

"Sesuai arahan gubernur, puncak peringatan HUT ke-75 ini kita laksanakan di mana saat proklamasi pertama dibacakan, tepatnya di Mandapai, HSS," terangnya.

Baca juga: Pemkab dan MUI HSS kolaborasi program beasiswa ke luar negeri

Menurut dia, ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam puncak HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, yang berlokasi di Mandapai tersebut.

Adapun beberapa kegiatan dalam puncak HUT antara lain,  sunatan massal, bakti sosial, pengobatan gratis dan pemberian paket sembako kepada warga sekitar.

"Selain itu, kami dari pelaksana kegiatan juga akan memberikan berbagai macam hadiah kepada para pejuang veteran," pungkasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024