Ketua DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan Syairi Mukhlis mengapresiasi Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 serta Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Hal itu di sampaikan Syairi saat menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Bapeda di Ruang Rapat Bapeda Zona Kolaborasi Lantai 3 Komplek Perkantoran Sebelimbingan.

Baca juga: DPRD Kotabaru Paripurnakan LKPJ Bupati Tahun 2023

"Pokok-pokok pikiran dewan mengarahkan dan memfokuskan upaya pencapaian visi dan misi Kabupaten Kotabaru melalui perencanaan dan penganggaran APBD," kata Syairi Mukhlis di Kotabaru, Jumat.

Syairi menyampaikan, selain memfokuskan pada pencapaian visi misi pemerintah daerah, juga mengarahkan penyusunan kebijakan dan program pembangunan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Dengan harapan mampu mewujudkan aspirasi masyarakat Kabupaten Kotabaru dalam pelaksanaan pembangunan melalui fungsi representasi DPRD Kabupaten Kotabaru.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki mengatakan, Musrenbang tingkat Kabupaten ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Baca juga: Gempa tektonik Magnitudo 3,3 guncang Kotabaru

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengelolaan dan Evaluasi, Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD. RPJMD serta tata cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

"Pada hari ini kita melaksanakan Musrenbang Kabupaten Kotabaru sebagai salah satu tahapan dalam menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kotabaru 2024,"kata Mingu Basuki.

Ia juga menjelaskan,penetapan ini merupakan langkah penting untuk Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten tahun 2025 dengan tema " Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Menunjang Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata".

"Tema ini mencerminkan komitmen kita untuk membangun Kabupaten Kotabaru menjadi Daerah yang maju, mandiri, dan berdaya saing," ucapnya.

Lebih lanjut, Basuki juha menuturkan, peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah kunci utama dalam pembangunan. Tanpa SDM yang berkualitas, pembangunan infrastruktur dan pariwisata tidak akan berjalan maksimal, maka perlu bekerjasama dan kolaborasi untuk menciptakan lingkungam yang kondusif bagi peningkatan kualitas DSM.

"Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata juga menjadi prioritas kita. Infrastruktur yang baik akan mendukung mobilitas dan aktivitas masyarakat, sedangkan pariwisata yang berkembang akan membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan pendapatan Daerah. Namun, semua ini tidak akan terwujud tanpa partisipasi dan dukungan dari semua pihak," Jelasnya.

Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan ini, untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kotabaru menjadi Daerah yang lebih baik.

Baca juga: DPRD paripurnakan Raperda tentang pencegahan dan penanggulangan stunting

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024