Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik dengan kekuatan Magnitudo 3,3 guncang wilayah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan Rasmid dalam keterangan yang diterima di Banjarmasin, Kamis, mengatakan gempa tektonik terjadi sekitar pukul 10.28 Wita di darat pada jarak 68 kilometer arah tenggara Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel pada kedalaman enam kilometer.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel ingatkan masyarakat tetap waspada gempa

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan lokal,” ujarnya.

Ia menyebutkan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Kotabaru dengan intensitas gempa II-III MMI, getaran dirasakan nyata di dalam rumah seakan truk berlalu.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi dangkal ini tidak berpotensi tsunami,” ujar dia pula.

Rasmid menuturkan belum ada laporan yang diterima dari masyarakat terkait kerusakan bangunan akibat gempa.

Baca juga: Usai Gempa Tuban, kapal PELNI rute Batulicin-Surabaya beroperasi normal

Namun, dia meminta masyarakat di Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait kejadian gempa.

Rasmid mengimbau masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa, kemudian memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

Kemudian, memastikan juga tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah, dan memantau informasi resmi dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang terverifikasi.

Baca juga: Gempa tektonik Magnitudo 6,5 di Tuban terasa hingga ke Kalsel

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024