Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar Kampung Ramadhan dengan tema "Satu Rasa Cinta", dibuka yang bertujuan salah satunya mendukung UMKM daerah.

Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiyono, di Kandangan, mengatakan Kampung Ramadhan ini menyediakan beragam kuliner di bulan Ramadhan, berlokasi di alun-alun Kota Kandangan, sepanjang jalan depan Lapangan Lambung Mangkurat .

"Kampung Ramadhan "Satu Rasa Cinta" kita adakan mulai 12 Maret hingga 10 April, menawarkan 50 stan kuliner dan fashion, dengan 33 stan diisi umum dan 17 stan lainnya oleh pelaku usaha UMKM," ujarnya di Kandangan, Kabupaten HSS, Rabu.

Baca juga: Ponpes Dalpa Kandangan gelar perayaan milad ke-14

Untuk total sebanyak 50 stan disediakan Dinas Perdagangan HSS tersebut, dengan sewa Rp240 ribu sesuai Peraturan Daerah (Perda).

Stan diisi mayoritas pedagang kuliner tradisional maupun kekinian, untuk hidangan berbuka Ramadhan atau takjil, bahkan adapula stan jualan baju kaos.

Sementara itu, Pj Bupati HSS Hermansyah mengatakan Kampung Ramadhan bukan hanya tempat transaksi ekonomi semata, tetapi juga merupakan salah satu program pemerintah dalam mendukung UMKM yang ada di daerah.

"Dukungan kita terhadap UMKM tidak hanya berdampak pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan bersama," ungkapnya.

Menurut dia, Pemkab HSS akan terus memberikan perhatian dan dukungan sebagai bentuk komitmen, dalam mendukung UMKM, UMKM dipandang memiliki peran penting dalam memajukan ekonomi daerah.

Baca juga: Pj Bupati HSS buka MTQ Nasional ke-49 tingkat kabupaten

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perdagangan dan semua pihak terkait, yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan Kampung Ramadhan.

"Terima kasih kita pula sampaikan kepada para pelaku UMKM, yang telah turut serta meramaikan acara ini," terangnya.

Pihaknya berharap para pedagang dapat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat berdagang agar terlihat rapi dan bersih, ini agar dapat membuat para pembeli betah dan tidak ragu untuk kembali datang berbelanja.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024