Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional yang ke-49 tingkat kabupaten.

MTQ mengangkat tema "Merajut Ukhuwah Islmamiyah Menuju Generasi Berakhlakul Karimah", dengan pembukaan mengambil tempat di Halaman Majelis Al-Hasani, Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Simpur.

"Kami menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, serta selamat dan sukses kepada para Pengurus LPTQ Kabupaten  HSS periode 2024-2029 yang dikukuhkan dalam rangkaian kegiatan ini," kata pj bupati, mengutip pers release Bagian Prokopim Setda HSS, Selasa.

Selain itu, juga selamat bertugas kepada para dewan hakim, agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Baca juga: Sekda HSS: Rakerda LPTQ 2024 menjaga tradisi Tilawatil Al Quran

Ia mengaku sangat terkesan karena pembukaan MTQ tersebut berlangsung meriah dan, mendapat sambutan ribuan masyarakat, khususnya Kecamatan Simpur.

"Terlebih penyambutan yang sangat luar biasa, dengan kesenian bela diri tradisional kita, yakni kuntau," ujarnya.

Kepada para peserta dari masing-masing kafilah, pj bupati mengharapkan supaya kegiatan MTQ ini dijadikan sarana untuk saling mengenal dan bertukar ilmu.

Meskipun terjadi persaingan, namun hendaknya hal itu tidak menimbulkan rasa permusuhan. Namun justru menjadi usaha bersama, mengembangkan syiar islam sekaligus menumbuhkan kecintaan kepada Al-Quran.

Baca juga: MUI HSS gelar rapat komisi fatwa jelang Ramadhan

Pj bupati juga mengutarakan harapannya agar para hafiz dan hafizah atau penghapal Al-Qur'an, untuk bisa mendapatkan insentif maupun beasiswa, dengan bekerjasama bersama LPTQ ataupun lembaga lainnya.

"Semoga harapan kita tersebut dapat terwujud, maka generasi Qur'ani di Kabupaten HSS akan terus bisa ditingkatkan," ucapnya.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk tanda dimulainya MTQ Nasional ke-49 tingkat kabupaten oleh pj bupati didampingi Pj Ketua TP PKK HSS beserta tamu undangan lainnya.

Dimana sebelumnya juga dirangkai dengan pengukuhan dan pelantikan Pengurus LPTQ HSS periode 2024-2029, dan para dewan hakim MTQ Nasional ke-49  tingkat kabupaten.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024