Keluarga Besar Persekutuan Oikumene Pelabuhan Banjarmasin beribadah merayakan Natal 2023 yang dihadiri sekitar 300 undangan dari instansi pemerintah, masyarakat, Persekutuan Gereja di Indonesia (PGI) Kalimantan Selatan, dan insan maritim Pelabuhan Banjarmasin.

“Ibadah Natal ini diharapkan dapat memberikan semangat persatuan bagi insan maritim pelabuhan di Banjarmasin agar semakin solid dan lebih giat mengabdi untuk bangsa dan negara,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun usai menghadiri Natal Oikumene Insan Maritim Pelabuhan Banjarmasin di Banjarmasin, Sabtu malam. 

Baca juga: Tiga kapal negara mampu jaga pelayaran Natal dan tahun baru di Kalsel

Agustinus yang juga bagian dari keluarga besar Persekutuan Oikumene Pelabuhan Banjarmasin itu, meminta jajaran kemaritiman agar lebih produktif melayani masyarakat dengan mengutamakan kasih dan ketulusan.

“Insan maritim harus memberikan karya terbaik kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Ibadah Natal Persekutuan Oikumene Pelabuhan Banjarmasin yang dilaksanakan di salah satu hotel kawasan Banjarmasin itu menjadi perayaan tahun kedua, serta berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

Pada kesempatan itu, Keluarga Besar Oikumene Pelabuhan Banjarmasin memberikan tali asih kepada 30 pendeta yang pernah memberikan pelayanan ibadah.

Agustinus berharap melalui tali asih tersebut, menjadi momen untuk saling berbagi terhadap sesama, semakin giat mengamalkan ajaran Tuhan, dan menjadi berkat bagi semua orang.

Baca juga: KSOP Banjarmasin catat 21.864 penumpang selama libur akhir tahun
 
Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun (tengah) memberikan keterangan usai menghadiri Ibadah Perayaan Natal Keluarga Besar Oikumene Pelabuhan Banjarmasin di Hotel Galaxy Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (13/1/2024) malam. (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Ketua Persekutuan Oikumene Pelabuhan Banjarmasin Anggiat Doglas Silitonga mengatakan tema pada perayaan Natal tersebut diambil dari tema nasional PGI, yaitu “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi”.

Dia berharap perayaan Natal semakin baik setiap tahunnya dengan kerja sama seluruh pihak insan maritim Banjarmasin.

“Makna perayaan Natal ini, kita harus mampu menjadi terang dan garam bagi semua makhluk hidup,” kata dia.

Ketua Panitia Natal Oikumene Pelabuhan Banjarmasin Germas mengatakan perayaan Natal tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya dengan suasana penyalaan lilin yang dilakukan Taruna dari Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin.

Dia menuturkan pada beberapa waktu lalu, pihaknya juga melakukan kunjungan ke panti jompo mengunjungi para orang tua yang membutuhkan perhatian lebih dari sesama umat manusia.

“Kami melakukan rangkaian kegiatan sosial, seperti membagikan tali asih, hiburan, dan kegiatan lain yang menyenangkan bagi para orang tua di panti jompo,” ujar Germas.

Baca juga: 500 personel kawal Natal dan tahun baru di Banjarmasin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024