Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) mencatat 21.864 penumpang kapal selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Natal dan tahun baru kali ini penumpang kapal mengalami peningkatan 66,29 persen dibanding tahun lalu,” kata Kepala Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: KSOP Banjarmasin minta pemudik Natal patuhi prokes cegah COVID-19

Selain lonjakan penumpang, ia menyebutkan muatan kendaraan juga mengalami peningkatan sebesar 6,52 persen dengan total 5.194 unit mulai dari kendaraan roda dua dan roda empat dibanding tahun sebelumnya.

“Meskipun selama Natal dan tahun baru beberapa kali terdapat cuaca ekstrem hujan dan angin kencang, pelaksanaan angkutan laut berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya pula.

Dia mengungkapkan transportasi kapal menjadi salah satu pilihan utama, karena berdasarkan data, kenaikan jumlah penumpang tahun ini menunjukkan minat masyarakat bepergian memilih angkutan laut meningkat sangat drastis.

Baca juga: KSOP Banjarmasin: Pembelian tiket kapal Natal-tahun baru via daring

Agustinus menuturkan Pos Koordinasi Terpadu Angkutan Laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin secara resmi ditutup sejak dibuka selama 22 hari mulai pada 18 Desember 2023-8 Januari 2024.

Kepala KSOP mengatakan 20 instansi yang tergabung selama penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Laut tersebut dan tentunya terselenggara dengan baik atas kerja sama dan koordinasi sehingga angkutan laut berjalan aman dan lancar.

“Kami akan mengevaluasi kekurangan yang ada selama pos koordinasi ini berdiri 22 hari, tujuannya agar penyelenggaraan angkutan laut tahun berikutnya semakin baik,” ujar Agustinus.

Baca juga: Lima kapal negara awasi pelayaran saat Natal-tahun baru di Trisakti

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024