Sebanyak tiga kapal milik negara sukses menjaga pelayaran angkutan laut selama libur Natal dan Tahun Baru di perairan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sejak 18 Desember 2023-8 Januari 2024.

“Tiga kapal negara ini beroperasi selama 22 hari untuk memastikan keamanan pelayaran angkutan laut selama libur Natal dan tahun baru,” kata Kepala Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: KSOP Banjarmasin catat 21.864 penumpang selama libur akhir tahun

Dia menyebutkan tiga kapal negara itu, yakni KNP 363, KNP 382, dan KNP 5222.

“Selama kapal negara mengawasi pelayaran, tidak menemukan masalah yang berarti, semua pelayaran tidak ada yang melanggar aturan,” ujarnya.

Agustinus menuturkan pengawasan itu dilakukan disepanjang perairan wilayah kerja KSOP Banjarmasin mulai dari bagian Utara di perbatasan Barito Kuala hingga ke bagian Selatan di perairan Tabuneo Tanah Laut.

Dia mengungkapkan seluruh operator kapal mengikuti aturan dan ketentuan yang telah diberlakukan, termasuk para penumpang juga mengikuti ketentuan selama penyelenggaraan angkutan laut Natal dan tahun baru.

Baca juga: KSOP Banjarmasin minta pemudik Natal patuhi prokes cegah COVID-19

Kendati demikian, Agustinus akan mengevaluasi penyelenggaraan angkutan laut yang telah berlangsung selama 22 hari sejak dibuka pada 18 Desember 2023.

Menurut dia, evaluasi bertujuan untuk meningkatkan pelayanan angkutan laut pada libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 mendatang.

Agustinus mengatakan jumlah petugas penyelenggaraan pos koordinasi tahun ini sekitar 120 personel dari berbagai instansi gabungan.

“Kami perlu mengevaluasi beberapa hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan angkutan laut, dalam waktu dekat ini juga kami akan mempersiapkan beberapa hal untuk menyambut libur lebaran 2024,” ujarnya.

Baca juga: KSOP Banjarmasin: Pembelian tiket kapal Natal-tahun baru via daring

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024