Polsek Sungai Raya, Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar deklarasi kebangsaan pemilu damai 2024, dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman, tertib, damai dan berintegritas, di aula polsek setempat.

Kapolsek Sungai Raya IPTU Syahbana, di Sungai Raya, mengatakan deklarasi ini sebagai komitmen bersama itu, dan disepakati seluruh unsur masyarakat mewujudkan kedewasaan berpolitik dan berdemokrasi.

“Tiap tahapan pemilu diharapkan terselenggara dengan baik, dilandasi niat dan sungguh-sungguh dilaksanakan,” ujar Syahbana, dalam keterangan mengutip pers release Humas Polres HSS, di Kandangan, Jum'at.

Dijelaskan Syahbana, deklarasi damai juga menjadi komitmen negara dalam menjamin keamanan Pemilu 2024 di HSS pada umumnya, dan khususnya di Kecamatan Sungai Raya.

Baca juga: Pemkab dan Polres HSS tandatangani NPHD tunjang program Polri

Dengan adanya komitmen, diharapkan meminimalkan pelanggaran saat kampanye berlangsung dan menguatkan stabilitas keamanan.

“Mari saling menghormati perbedaan, dan tetap bersatu dalam perbedaan,” ajak Syahbana.

Kepala Seksi Trantib Pemerintah Kecamatan Sungai Raya Arif Rahman, mengatakan deklarasi Pemilu 2024 penting untuk menyatukan komitmen dan persepsi bersama, sehingga mengantisipasi kesalahpahaman saat pelaksanaan.

Menurut dia, Forkopimcam, PPK, Panwaslu dan pengurus parpol yang berhadir representasi dari masyarakat, sehingga diharapkan informasi maupun pesan terkait pemilu 2024 dapat dipahami masyarakat melalui unsur tersebut.

Perwakilan Danramil 1003-05 Sungai Raya Serma Zakaria, menambahkan perlunya peran serta seluruh lapisan masyarakat, baik dari pemerintah maupun penyelenggara pemilu dalam menciptakan pemilu damai.

 “Dan kami, baik dari unsur TNI maupun Polri siap mengawal proses Pemilu 2024,” ungkapnya.

Deklarasi Damai dipimpin Ketua Panwascam Sungai Raya Zulkipli, diikuti oleh Forkopimcam dan perwakilan partai politik.

Adapun isi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, antara lain komitmen bersama siap siap menjaga persatuan dan kesatuan, serta Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan tidak melaksanakan politik praktis.

Baca juga: Forkopimda HSS "Ngopi Bakesahan" perkuat sinergisitas jelang Pemilu 2024

Siap menolak segala bentuk pelanggaran dan tindakan yang mengganggu jalannya pelaksanaan pemilu dengan alasan apa pun.

Semua pihak terkait, juga menyatakan kesiapan melaksanakan pemilu Tahun 2024 secara Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Kemudian, bekerjasama dengan aparat TNI dan POLRI menjaga situasi kamtibmas aman, damai dan kondusif pada pelaksanaan pemilu Tahun 2024 di HSS.

Serta, terakhir kesiapan dalam menerima hasil pemungutan suara pemilu serentak Tahun 2024, sebagaimana yang akan ditetapkan oleh KPU.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023