Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menghadirkan keberagaman melalui Banjarbaru Murdjani Festival dengan menyajikan seni dan hiburan yang mengukuhkan sebagai kota budaya menginspirasi.
 
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Sabtu mengatakan kegiatan tahunan itu merupakan salah satu langkah memperkenalkan kekayaan budaya tradisional dan kemajuan kota.

Baca juga: Wali Kota Aditya dorong Banjarbaru jadi barometer literasi Kalsel
 
"Kami juga ingin Banjarbaru Murdjani Festival memperkuat satu identitas kultural Kota Banjarbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan," ujar Aditya.
 
Aditya juga berharap festival yang diselenggarakan di lapangan ikon "Kota Idaman" itu dapat mengangkat potensi pariwisata serta memberi manfaat yang besar khususnya bagi pertumbuhan ekonomi.
 
Menurut Aditya, pihaknya bersyukur acara itu berhasil memperkenalkan berbagai komunitas yang tumbuh kepada masyarakat, terutama dari banyaknya stan kopi yang hadir di sekitar area festival.
 
"Keberhasilan acara ini tidak hanya membangun kesadaran terhadap keberagaman komunitas, tetapi juga memberi wawasan tentang kualitas kopi lokal yang dapat dinikmati oleh banyak orang," ucap Aditya.
 
Dikatakan Aditya, pihaknya juga sangat bersyukur karena festival bisa hadir setiap tahun dengan tema berbeda dan tahun ini bisa mengajak teman disabilitas, pengusaha kopi hingga anggota komunitas lainnya.

Baca juga: Banjarbaru gelar festival literasi guna tingkatkan minat baca
 
Diketahui, Banjarbaru Murdjani Festival juga masuk dalam penilaian Kharisma Event Pariwisata 2024 dan sesuai jadwal digelar tiga hari pada 8-10 Desember 2023.
 
Pembukaan festival yang difasilitasi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banjarbaru dengan tema "Majestic of Banjarbaru" itu menampilkan tarian kolosal yang penuh kemegahan.
 
Tarian Majestic Banjarbaru disertai fashion show inklusi memukau dan memberi nuansa keberagaman yang memesona antara seni dan pesan inklusi mengakomodir kesetaraan perempuan dan disabilitas.
 
Festival juga memberi pengalaman berbeda menggabungkan berbagai komunitas, pelaku ekonomi kreatif, dan mengukuhkan Kota Banjarbaru penghasil kopi berkualitas tinggi yang diekspor ke berbagai negara.
 
Kemeriahan semakin terasa dengan kehadiran seorang musisi papan atas Tanah Air Bebi Romeo yang memeriahkan festival melalui penampilan pada Sabtu malam.

Baca juga: KIM Kemuning Mandiri Banjarbaru wakili Kalsel di Festival KIM Nasional
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023