Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menggelar festival literasi untuk meningkatkan minat baca sekaligus sebagai sarana promosi budaya membaca maupun edukasi bagi masyarakat.
 
"Kami mengapresiasi festival literasi dan berharap mencapai tujuan yakni meningkatkan minat baca setiap individu masyarakat," ujar Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Aula Gawi Sabarataan, Rabu.

Baca juga: Bunda literasi Banjarbaru siap tingkatkan minat baca masyarakat
 
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Darpusda) Kota Banjarbaru menggelar festival literasi yang diisi rangkaian kegiatan selama satu bulan sejak 11 Oktober-11 November 2023.
 
Menurut Aditya, semakin banyak masyarakat yang membaca maka semakin tinggi budaya literasi dan berdampak pada peningkatan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki setiap individu.
 
"Tentu, masyarakat yang banyak membaca semakin banyak pula ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya sehingga kami berharap festival literasi benar-benar mampu berperan meningkatkan minat baca," ucapnya.

Baca juga: Wali Kota kukuhkan Bunda Literasi Banjarbaru
 
Kepala Darpusda Kota Banjarbaru Slamet Riyadi mengatakan festival literasi Banjarbaru diselenggarakan selama satu bulan diisi berbagai kegiatan berkaitan dengan literasi demi meningkatkan minat baca.
 
"Kami menyiapkan sejumlah agenda yang mengisi festival literasi mulai dari lokakarya dan bimtek, bincang temu literasi, lomba-lomba, serta pameran akademi literasi dan Borneo Trade Fair 2023," ujarnya.
 
Dikatakan Slamet, rangkaian kegiatan yang mengisi festival itu diharapkan jadi momentum penting bagi Pemkot Banjarbaru mendorong peningkatan minat baca dan kecerdasan serta kreativitas masyarakat.

Baca juga: Wali Kota dorong peningkatan minat baca anak melalui literasi

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023