Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kemuning Mandiri Kota Banjarbaru mewakili Kalimantan Selatan pada Festival KIM Nasional 2023 yang digelar di Kota Surabaya tanggal 27-28 Oktober 2023.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru Asep Saputra di Banjarbaru, Sabtu mengatakan, KIM Kemuning Mandiri terpilih setelah menjadi yang terbaik pada seleksi KIM tingkat Kalsel.
 
"Sebagai wakil Kalsel di tingkat nasional, KIM Kemuning Mandiri akan menampilkan inovasi dan prestasi terbaik yang telah dicapai bersaing dengan KIM dari seluruh Indonesia," ujarnya.
 
Menurut Asep, Festival KIM Nasional 2023 menjadi ajang penting bagi Komunitas lokal Banjarbaru berbagi inspirasi, pengalaman, inovasi pada berbagai bidang, termasuk ekonomi, pendidikan, lingkungan dan budaya.
 
Dijelaskan, KIM berkembang bukan hanya sebagai penyalur informasi pemerintah melainkan juga dapat membantu pengembangan potensi di masyarakat baik produk UMKM maupun destinasi wisata.
 
"Kami berharap, KIM Kemuning Mandiri yang telah mewakili Kalsel menjadi percontohan bagi kota dan kabupaten lain di wilayah Kalsel dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat," ungkapnya.
 
Dikatakan Asep, pihaknya sangat mendukung KIM Kemuning Mandiri Kota Banjarbaru di ajang Festival Nasional KIM 2023 dengan harapan bisa terus berkembang terutama di era kemajuan digitalisasi.
 
"Keberadaan KIM dengan di dunia digital sekarang bisa menjadi salah satu sarana informasi yang dapat dipercaya melawan berita-berita hoax sehingga masyarakat tidak terpengaruh," ucapnya.
 
Sementara itu, pada perhelatan KIM Nasional terdapat tiga kategori tema yang dilombakan oleh Kementerian Kominfo RI yakni KIM yang bergerak di bidang UMKM, Pariwisata dan bidang Pertanian.
 
Sedangkan KIM Kemuning Mandiri Kota Banjarbaru akan berfokus pada kategori UMKM tetapi tidak menutup kemungkinan juga aktif dalam giat promosi Geopark Meratus yang menjadi potensi pariwisata di Kalsel.
 
Selain itu, anggota KIM Kemuning Mandiri Kota Banjarbaru juga akan mengikuti lomba cerdas cermat yang berkaitan program atau kebijakan pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023