Anggota DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan Nor Haida mengapresiasi gelaran pesta laut "Mappanretasi" yang diselenggarakan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar di objek wisata pantai Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar.

"Mappanretasi kali ini lebih meriah di bandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Nor Haida di Kotabaru, Ahad.

Baca juga: Anggota DPRD Kotabaru dorong pelestarian budaya di Teluk Tamiang

Haida menyampaikan, kegiatan yang diadakan selama dua hari oleh Dinas Pariwisata Kotabaru dibalut dengan berbagai acara diantaranya parade ikan bakar sepanjang pantai, upacara adat Mappanretasi, dan pasar murah.

Ia menambahkan, keberadaan Pantai Teluk Tamiang bukan cuma menambah daftar objek wisata Kalsel, tetapi bisa pula memberikan nilai tambah ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Selain sebagai hiburan keluarga, juga sebagai wahana perekonomian bagi masyarakat, terutama warga setempat dan dapat menumbuhkan UMKM di wilayah sekitar pantai.

Baca juga: DPRD Kotabaru wujudkan harapan konstituen

Dalam ajang tersebut juga di gelar festival dan lomba mancing, lomba lagu Bugis dan Mandar,serta lomba permainan tradisional.

Kabid Event Pertunjukan dan Ekraf Disparpora Kotabaru Rudi Nugraha menjelaskan selain berbagai kegiatan dan lomba dalam festival Teluk Tamiang ini juga ada hal yang paling menarik.

Dijelaskan Rudi, hal menarik itu pertunjukan hiburan rakyat dari Mega Indah Group dibintangi tiga artis yang pernah mengharumkan nama Kotabaru di kancah nasional, seperti Ratna LIDA, Shanti KDI dan Raza KDI serta artis lokal.

Selain itu yang paling inti disini adalah mengangkat budaya masyarakat suku Bugis, sebagai rasa ungkapan rasa syukur atas tangkapan laut yang melimpah.

Baca juga: DPRD Kotabaru setujui kenaikan gaji kepala desa

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023