Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan studi kehumasan dengan memboyong forum wartawan dewan kota (Forwadek) ke DPRD Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
 
"Ini upaya kita untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat termasuk untuk penyebaran informasi ke publik," ujar Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin Iwan Ristanto di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: DPRD Banjarmasin intensifkan pembahasan RAPBD 2024
 
Kegiatan studi kehumasan ke DPRD Sleman tersebut, kata dia, dilaksanakan pada 17 November 2023 yang diterima langsung Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman Muhammad Aji Wibowo.
 
Diharapkan dengan studi ini dapat meningkatkan dan menambah wawasan bidang kehumasan dewan termasuk para wartawan yang bertugas di DPRD Kota Banjarmasin.
 
"Bagi kami wartawan tidak hanya mitra kerja, tetapi sudah keluarga. Karena ikut menjembatani sekretariat dengan anggota dewan," ujar Iwan.
 
Melalui kegiatan itu pula, maka dapat mengenal budaya Sleman, Yogyakarta dan sekitarnya, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta rombongan studi tersebut.
 
Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Sleman Muhammad Aji Wibowo menyampaikan apresiasi atas kunjungan para sekretariat DPRD Kota Banjarmasin beserta rombongan wartawan.
 
Menurut dia, administrasi kesekretariatan mendukung tugas dan fungsi DPRD, maka pihaknya selalu berkoordinasi dengan pimpinan dewan.

Baca juga: Ananda dan Bang Dhin diskusikan Kota Banjarmasin jelang lima abad
 
"Supaya mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucap Aji.
 
Pihaknya berkeyakinan, jika para anggota dewan dapat bekerja dengan nyaman dan tenang, maka pelayanan dan penyerapan aspirasi masyarakat bisa maksimal dan direalisasikan dengan baik.
 
Ditambahkan Kabag Humas Protokol dan Pelayanan Aspirasi Sekretariat DPRD Sleman Sri Wahyuni, program kehumasan dan pelayanan aspirasi di DPRD setempat, diantaranya kerjasama dengan media milik pemerintah dan swasta.
 
“Kerjasama itu dalam bentuk publikasi seperti pemberitaan terkait profil anggota dewan, kinerja panitia khusus atau semua kegiatan yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi anggota dewan,” terang Sri Wahyuni.
 
Saat ini bebernya, sedang digarap program dialog interaktif anggota dewan yang bekerja sama dengan media elektronik seperti televisi dan radio, serta podcast yang tayang di media sosial atau youtube.
 
“Sekretariat juga menganggarkan honor anggota dewan itu sebagai narasumber," ujarnya.
 
Dalam kesempatan itu, rombongan studi tour Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin juga dibawa keliling gedung dewan hingga aula rapat paripurna yang sudah sangat moderen.

Baca juga: Warga Banjarmasin harapkan Pemilu 2024 betul-betul "Jurdil"
Rombongan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin didampingi forum wartawan dewan kota (Forwadek) saat melakukan kunjungan ke Kantor DPRD Kabupaten Sleman Yogyakarta pada 17 November 2023. (ANTARA/Sukarli)
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023