Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan mengajak 14 partai politik mengikuti deklarasi damai pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu di Kandangan, Senin, mengatakan pernyataan deklarasi damai untuk mewujudkan pemilu yang aman, tertib, damai dan bermartabat.

Baca juga: Pj Bupati HSS ingatkan netralitas kepala desa dan perangkatnya hadapi pemilu

"Kita berharap semua tentunya sampai pemilu dinyatakan selesai, situasi di Kabupaten HSS harus tetap aman dan kondusif," kata Leo.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah mengatakan deklarasi damai merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan, ketertiban, dan berintegritas pada pelaksanaan pemilu di Kabupaten HSS.

Hermansyah pun menyampaikan pesan agar masyarakat mengikuti pemilu dengan suasana gembira dan menikmati pesta demokrasi dari setiap tahapan yang dilaksanakan.

Baca juga: Polres dan Kodim 1003 HSS olahraga pagi tingkatkan sinergitas TNI-Polri

“Mudah-mudahan pemilu yang akan berlangsung aman damai, dan mohon juga pada partai politik bisa terus menjaga persatuan dan kesatuan kita jaga, karena tergantung kita sebenarnya apapun yang kita lakukan itu tergantung kita bersama,” ucapnya.

Selain itu, Hermansyah juga mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) menjaga netralitas dan tidak bertindak di luar aturan perundang-undangan, karena ada beberapa sanksi hukum hingga pemecatan.

Pada acara deklarasi tersebut turut hadir dari pimpinan Forkopimda, MUI HSS, Ketua KPU HSS, Ketua Bawaslu HSS, para ketua partai politik, serta tokoh masyarakat.

Baca juga: Polres HSS apel gelar pasukan Ops Mantap Brata amankan pemilu

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023