Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, menganugerahkan Paritrana Award 2022 kepada Eshan Agro Sentosa (EAS) Group dan PT Jhonlin Baratama (JB).

Penghargaan Paritrana Award 2022 diserahkan oleh Wakil Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Bidang Kepesertaan Ramdani kepada Direktur PT Batulicin Agro Sentosa (BAS) Anang Yusanto mewakili EAS Group dan PT JB, di Gedung PT Jhonlin Office Building Batulicin Rabu.

"Penghargaan Paritrana Award merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, atas turut serta pihak perusahaan dalam menyukseskan pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," kata Ramdani.

Ramdani mengatakan, Paritrana Award merupakan penghargaan tahunan dari pemerintah yang diinisiasi Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama BPJS Ketenagakerjaan, didukung Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Dalam Negeri.

Pemberian Paritrana Award merupakan apresiasi untuk mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.  Salah satu indikator dalam penilaian Paritrana Award adalah tingginya kepedulian dan partisipasi aktif perusahaan dalam mendorong terciptanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Terima kasih kepada Jhonlin Group dan Eshan Agro Sentosa yang secara berkelanjutan menyalurkan Program CSR-nya untuk perlindungan kepada para guru ngaji, marbot masjid, nelayan dan pedagang kaki lima," jelas Ramdani

Dia juga mengharao semoga dengan kemanfaatan yang luar biasa terhadap para pekerja rentan ini, dapat meningkatkan volume perlindungan bagi masyarakat rentan yang ada di sekeliling perusahaan.

"Pada perusahaan itu, karyawan yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaaan sebanyak 2.400 tenaga non formal," terangnya.

Seentara itu, Direktur PT BAS Anang Yusanto mengucapkan rasa bangga atas EAS Group dan PT JB terpilih sebagai penerima paritrana award 2022.

"Program Jamsostek sangat penting untuk memberikan perlindungan dan keamanan dalam bekerja, sehingga pekerja bisa fokus dan meningkatkan produktivitas," kata Anang.

Vice President Of Corporate Human Capital Jhonlin Group Tri Oktaria Wulandari, juga memberi apresiasi kepada EAS Group dan PT JB.

"Selamat kepada EAS dan PT Jhonlin Baratama. Semoga dengan diraihnya penghargaan dapat meningkatkan peran aktif, kesadaran, serta kepatuhan akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Tri Oktaria Wulandari.

Salah satu penerima manfaat Jaminan Kematian (JKM) pekerja rentan dari Kecamatan Kusan Hilir Mise, juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT JB.

"Terima kasih untuk Jhonlin Baratama. Santunan ini sangat bermanfaat buat kami. Semoga setiap tahun jumlah penerima manfaat JKM semakin bertambah," katanya.

Selain penyerahan Paritrana Award 2022, BPJS Ketenagakerjaan Tanbu bersama perwakilan unit usaha JG melakukan penyerahan secara simbolis santunan kematian dan beasiswa kepada para peserta yang sudah didaftarkan.

Saat ini, JG dan EAS Group telah mendaftarkan 2.400 pekerja non formal yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Beasiswa senilai Rp3,258 miliar akan disalurkan kepada anak dari para pekerja di jajaran perusahaan JG dan EAS Group.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023