Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan sebagai perguruan tinggi vokasi yang menciptakan sumberdaya manusia berkualitas untuk siap terjun di dunia kerja dan dunia industri menempatkan pentingnya membekali mahasiswa tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3).
 
"Jadi penting sekali memahami K3 ini untuk mahasiswa kita," ucap Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Senin.
 
Karenanya, ucap dia, kampusnya dengan mitra industri selalu berkolaborasi untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan dengan serius tentang K3 ini bagi mahasiswa dan mahasiswi, agar tidak ada yang gagap nantinya di lapangan atau saat sudah bekerja di industri atau lainnya.
 
Sebagimana pada pekan kemarin atau 14 September 2023, kata Joni, Poliban mengundang PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Kalimantan (UIP3B Kalimantan) untuk memberikan kuliah umum tengah K3 ini.
 
Menurut dia, kuliah umum langsung diberikan General Manager PT PLN Persero UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro di Gedung Kantor Pusat, Ruang Multimedia Lantai 2 Poliban di Banjarmasin untuk para mahasiswanya di Prodi Elektronika semester 1 dan 3.
 
Joni menyatakan, bahwa antara pendidikan vokasi dengan industri harus memiliki Link and Match sehingga sangat penting kolaborasi seperti kuliah umum ini dilakukan.
 
"Kita mahasiswa di Teknik Rekayasa tentunya langsung bersentuhan dengan peralatan dan lingkungan industri, jadi penting sekali memahami K3 ini untuk mahasiswa. Setiap minggu juga untuk beberapa prodi kita melaksanakan safety briefing untuk menghindari kecelakaan kerja," ucapnya.
 
Joni berharap, kerjasama antara PT PLN (Persero) UlP3B Kalimantan bisa terus terjalin dengan baik dan tidak hanya dengan kuliah umum tapi kerjasama di lingkup yang lebih luas lagi.
 
General Manager PT.PLN (Persero) UlP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro
General Manager PT.PLN (Persero) UlP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro. (ANTARA/HO-POLIBAN)
menyampaikan, PT PLN sangat memberikan perhatian bagi Poliban sebagai mitra dalam pendidikan vokasi.
 
Menurut dia, penerapan K3 itu sangatlah penting bagi tenaga kerja, karena kecelakaan kerja bisa saja dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan perilaku saat bekerja sehingga perlu kesadaran dan pemahaman agar menghindari hal yang tidak diinginkan.
 
"K3 itu adalah kebutuhan dan hak tenaga kerja dalam perlindungan K3, K3 juga berguna untuk menciptakan tempat kerja yang sehat, aman dan produktif," ujarnya.
 
Selain itu, kata Abdul, K3 ini berguna untuk mengurangi kerugian kerja akibat kecelakaan kerja oleh manajemen.
 
"Serta menjaga dan melindungi keselamatan instalasi ketenagalistrikan serta memastikan keandalan energi listrik," demikian kata dia.
 

Baca juga:https://poliban.ac.id/pt-pln-persero-uip3b-kalimantan-bekali-mahasiswa-elektronika-poliban-tentang-kesehatan-dan-keselamatan-kerja-lewat-kuliah-umum/

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023