Jajaran Kepolisian Resor Banjarbaru, Kalimantan Selatan menegur sejumlah pelajar yang mencegat atau menghentikan laju truk untuk menumpang di ruas Jalan Trikora kota setempat.
 
Kepala Seksi Humas Polres Banjarbaru AKP Sahruji di Kota Banjarbaru, Ahad, mengatakan personel Polres Banjarbaru menegur kepada sejumlah pelajar usai mencegat kendaraan di tengah jalan pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 11.00 WITA.

Baca juga: Petugas berjibaku padamkan karhutla dekat Bandara Syamsudin Noor
 
"Piket patroli mendapat informasi sejumlah anak sekolah mencoba untuk memberhentikan dan nekat menumpangi truk yang melintas di Jalan Trikora dari Liang Anggang ke Banjarbaru," ujar Sahruji.
 
Menurut Sahruji, personel patroli langsung merespon laporan itu dan mendapati puluhan pelajar baik SMP maupun SMA berupaya mengadang sebuah truk sehingga sopir terpaksa memberhentikan laju kendaraan di tengah jalan.
 
Sahruji menuturkan perilaku pelajar yang berdiri di tengah jalan sambil berupaya menghentikan laju truk itu langsung dihentikan petugas dan meminta para pelajar berkumpul untuk diberikan pembinaan.
 
"Personel patroli menghentikan aksi pelajar itu dan memberikan teguran keras atas tindakan mereka yang sangat berbahaya serta menjelaskan tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas," ucap Sahruji.
 
Ditekankan Sahruji, tindakan para anak sekolah itu sangat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri, pengemudi truk maupun pengguna jalan lainnya sehingga harus cepat dihentikan agar tidak ada korban.

Baca juga: Wakil Wali Kota: Polres Banjarbaru serius berantas narkoba hingga ke pelosok
 
"Mungkin mereka hanya karena ingin mengikuti tren yang sedang viral atau terdorong niatan lain. Namun tetap saja itu bukan cara yang benar, keselamatan harus menjadi prioritas utama di jalan raya," tegasnya.
 
Dikatakan Sahruji, setelah diberikan pemahaman tentang keselamatan berlalu lintas serta risiko akibat tindakan, pelajar membubarkan diri dan truk dapat melanjutkan perjalanan dengan aman.
 
Sahruji menegaskan kejadian itu menjadi pengingat pentingnya keselamatan berlalu lintas harus dipahami semua pihak, terutama oleh anak-anak sekolah yang masih belajar tentang aturan lalu lintas.
 
Polres Banjarbaru juga mengimbau orang tua dan sekolah memberikan pemahaman yang lebih baik kepada anak-anak tentang keselamatan di jalan raya dan berperan aktif dalam menjaga ketertiban lalu lintas.
 
"Kami mengimbau warga apabila melihat kejadian serupa segera lapor baik ke aplikasi Cangkal polres atau nomor panggilan 110 sehingga bisa ditindaklanjuti personel yang patroli di wilayah Banjarbaru," katanya.

Baca juga: Polres Banjarbaru sita 3,71 kilogram sabu selamatkan 15.420 jiwa

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023