Sekretaris Daerah  Kabupaten (Sekdakab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Dahnial Kifli mengatakan,  pemerintah daerah memiliki peran penting dalam implementasi Strategi Ketahanan Pangan dan Gizi (SKPG) sebagai bentuk investasi terhadap sumber daya manusia.

“Untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi diperlukan koordinasi dan kerja sama di antara pemangku kepentingan baik pemerintah maupun non pemerintah, salah satunya dengan RAD-PG pada hari ini,” kata Dahnial Kifli saat membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Akhir Dokumen Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Kabupaten Tanah Laut tahun 2023-2026,  di Aula Mangkubumi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Senin.
.
Dia berharap, kebijakan dan langkah terpadu ketahanan pangan dan gizi  dijabarkan ke dalam RAD-PG selaras dengan kebijakan pembangunan nasional.

Selain itu, sebut dia,  sesuai dengan kondisi dan karakteristik wilayah masing-masing serta mengedepankan aspek keterpaduan dan keberlanjutan dalam pelaksanaannya.

“Dengan RAD-PG diharapkan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut memiliki komitmen dan kejelasan perencanaan dan penganggaran,"terangnya.

Sehingga, terang dia, akan mempercepat upaya mencapai ketahanan dan kemandirian pangan dan gizi.

Dokumen RAD-PG Kabupaten Tanah Laut  merupakan kerja sama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP)  Tanah Laut dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023