Ketua Komisi II DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan Awaludin memberikan apresiasi atas pagelaran Festival budaya Goa Lowo yang mampu membangkitkan ekonomi kerakyatan di wilayah Kecamatan Kelumpang Hilir.

"Promosi pariwisata Goa Lowo yang bagus dan mampu memberikan dampak yang luas terhadap perekonomian warga setempat,"kata Awaludin di Kotabaru, Kamis.

Baca juga: Bupati Kotabaru: Festival Goa Lowo ajang promosi wisata dan UMKM

Menurut Awaludin,promosi pariwisata yang dikolaborasikan dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) mampu mendorong terciptanya ekonomi kerakyatan yang berbasis ekonomi kreatif, tidak hanya di Desa Tegal Rejo namun akan memiliki dampak pertumbuhan UMKM di 9 desa di wilayah tersebut.

Sehingga menjadi magnet bagi badan usaha milik desa (BUMDes) yang lain untuk turut mengembangkan potensi wisata dan kultur budaya di wilayah masing masing.

"Ini suatu trobosan bagi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru yang menempatkan Festivaal di Goa Lowo yang merupakan daratan Kalimantan yang akan di gaungkan dengan pertumbuhan IKN," katanya

Ia menambahkan, promosi pariwisata Kotabaru harus tetap di galakkan karena Kabupaten Kotabaru menjadi daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) dan keberadaan IKN dapat memberikan dampak positif bagi daerah-daerah di sekitarnya sebagai wilayah penyangga.

"Dengan pagelaran ini, destinasi wisata Goa Lowo tidak hanya terkenal di Kalimantan Selatan saja namun di kenal dalam sekala nasional," harap Awaludin

Baca juga: Ketua komisi II DPRD ajak masyarakat ramaikan festival Goa Lowo

Kader Partai Amanat Nasional (PAN) juga berharap pagelaran seperti ini dapat di tingkatkan lagi dengan mengundang UMKM dan kesenian dari kabupaten lain sebagai ajang pertukaran budaya di masing masing kabupaten dengan menampilkan produk unggulan di wilayah masing masing melalui promosi pariwisata.

"Tentu dengan kemasan seperti ini akan lebih meningkatkan daya tarik bagi wisatawan di berbagai kabupaten yang menjadi peserta festival," ujarnya

Terlebih lagi, lanjut Awaludin, area wilayah Goa Lowo yang luas akan mampu menampung pagelaran yang lebih semarak dengan peserta yang lebih banyak lagi dengan menampilkan UMKM yang lebih banyak lagi bahkan mengundang peserta dari tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Awaludin berharap, kultur budaya dan kearifan lokal serta UMKM akan tumbuh dengan seiring maraknya promosi pariwisata yang di lakkan pemerintah daerah dan BUMDes di masing masing wilayah.

Baca juga: Goa Lowo destinasi wisata alam Kotabaru

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023