Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan menyampaikan festival Goa Lowo tahun 2023 sebagai ajang promosi pariwisata dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kelumpang Hilir.

Ungkapan ini di sampaikan orang nomer satu di Kotabaru se usai menutup pagelaran festival Goa Lowo tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 12-23 Agustus malam tadi di Desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir.

"Atas nama pemerintah daerah sangat bangga dengan terselenggaranya festival Goa Lowo 2023, yang memperkenalkan destinasi wisata Goa Lowo hingga tingkat nasional dan membangkitkan perekonomian masyarakat berbasis ekonomi kreatif," kata Sayed Jafar di Kotabaru Kamis.

Bupati menjelaskan, melalui event festival akan menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun manca negara sehingga berdampak positif bagi sektor pariwisata dan peningkatan UMKM untuk mendongkrak perekonomian desa.

Dia berharap, festival Goa Lowo ini akan terus dilaksanakan pada tahun tahun akan datang dan lebih meriah lagi dari sekarang.

"Promosi pariwisata seperti ini harus terus di galakkan agar pariwisata di Kotabaru secara umum mampu memberikan dan mendorong munculnya UMKM baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," katanya
 
Direktur BUMDes Pesona Rejo Jaya, Tri Widodo mengatakan, pagelaran festival Goa Lowo diadakan guna memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78,dan hari ulang tahun (HUT) Desa Tegal Rejo yang ke 41 serta hari ulang tahun Goa Lowo yang ke tiga.

"Festival ini telah menumbuhkan UMKM tidak hanya di Desa Tegal Rejo saja, namun akan mendorong UMKM di sembilan desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Hilir,"kata Tri Widodo

Ia juga mengungkapkan festival ini di gelar dengan tujuan untuk memajukan desa dari sektor pariwisata serta meningkatkan perputaran ekonomi di Desa Tegal Rejo secara khusus dan Kecamatan Kelumpang Hilir pada Umumnya.

Lebih lanjut tri memaparkan, festival ini juga sebagai ajang memperkenalkan seni budaya dari berbagai ragam budaya yang ada di 9 Desa di Kecamatan Kelumpang Hilir.

"Saat ini wisata Goa Lowo sudah dikenal ditingkat nasional untuk destinasi wisatanya," ujarnya

Tri Berharap, semoga dunia pariwisata Kotabaru lebih maju, kesadaran masyarakat lebih meningkat dengan desa wisata, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023