Ketua komisi II DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan, Awaludin mengajak semua pihak untuk meramaikan festival Guo Lowo di Desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir.

“Saya berharap acara ini akan berjalan dengan sukses sampai akhir, dengan dukungan semua pihak dengan partisipasi kehadiran masyarakat akan meningkatkan PAD Bumdesa," kata Awaludin di Kotabaru Kamis.

Awaludin menjelaskan, festival yang di adakan oleh Pemerintah daerah akan berlangsung dari tanggal 12 -23 Agustus merupakan momentum untuk memajukan badan usaha desa (BUMdes) Pesona Rejo Tegal Rejo.

Selain lebih memperkenalkan pesona Goa Lowo kegiatan tersebut akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata yang di kelola oleh BUMdes setempat.

"Kami mengapresiasi Bumdes Pesona Rejo Jaya terus berupaya mengembangkan wisata Goa Lowo dengan berbagai event dan kegiatan," katanya

Ia juga menyampaikan, pembinaan yang di lakukan dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) di sekitaran objek wisata terus dilakukan berupa pembinaan pembuatan produk kaos eko print, rumah sasirangan khas Goa Lowo dan UMKM lainnya.
Pamflet festival Goa Lowo (ANTARA/HO-Disparpora Kotabaru)


Direktur BUMDes Pesona Rejo Jaya, Tri Widodo mengatakan, pagelaran festiwal Goa Lowo diadakan guna memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78,dan hari ulang tahun (HUT) Desa Tegal Rejo yang ke 41 serta hari ulang tahun Goa Lowo yang ke tiga.

"Sebelum mendapat suport dari pemerintah daerah, Desa Tegal rejo sudah melakukan kegiatan serupa namun tahun ini lebih meriah karena mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah," kata Tri Widodo

Ia juga mengungkapkan festival ini di gelar dengan tujuan untuk memajukan desa dari sektor pariwisata serta meningkatkan perputaran ekonomi di Desa Tegal Rejo secara khusus dan Kecamatan Kelumpang Hilir pada Umumnya.

"Festival ini tidak hanya menghadirkan UMKM Tegal Rejo namun akan diikuti oleh UMKM di sembilan desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Hilir," ujarnya

Lebih lanjut tri memaparkan, festival ini juga akan menampilkan seni budaya yang akan diikuti semua desa se Kecamatan Kelumpang Hilir

"Untuk kesenian Solawatan akan di ikuti dari ibukota Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu," paparnya

Selain menampilkan berbagai bazar keragaman stan UMKM dan ekonomi kreatif, wahana permainan, dan atraksi budaya ,festival ini di ramaikan artis ibukota diantaranya Endah DA, Reza DA, Rahma KDI, Lala Widy, Rita DA, Raza KDI serta Santy KDI.

Tri Berharap, semoga dunia pariwisata Kotabaru lebih maju, kesadaran masyarakat lebih meningkat dengan desa wisata, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.   
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023