Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)  Tahun 2023 tingkat Kabupaten HSS, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati HSS H Achmad Fikry.

Puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, di Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan upacara 17 Agustus yang ke-78 ini," kata Fikry dalam keterangan, Kamis.

Pihaknya bersyukur pelaksanaan kegiatan bisa berjalan lancar sesuai rencana, serta berharap semangat perjuangan terus bisa diwariskan kepada generasi muda.
 
Penyerahan beragam penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), di Lapangan
Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,
Kamis (17/8/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS) (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: HSS raih peringkat 1 EPPD 2022 di puncak hari jadi provinsi

Kemerdekaan ini secara hakiki mensejahterakan masyarakat, melalui semua program pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten HSS yang diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat. 

Termasuk dalam puncak peringatan ini dari PT Antang Gunung Meratus (AGM) menyerahkan satu bis, yang diserahkan nanti ke daerah Daha karena di sana sangat dibutuhkan.

”Mudah-mudahan ini makna kemerdekaannya bisa terus mengawal anak-anak sekolah, dan tidak putus sekolah karena masalah transportasi dan lain-lain,” ujarnya.

Pada pelaksanaan upacara peringatan detik detik proklamasi dan pengibaran bendera diikuti Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, serta ratusan peserta dari unsur Forkopimda, pejabat daerah, TNI, Polri, kepala OPD, camat, lurah, kades, ASN, dan para pelajar perwakilan dari masing-masing sekolah.
 
Penyerahan resmi warga binaan Rutan Kelas IIB Kandangan, di Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan,
Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS) (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: Bupati HSS kukuhkan Paskibraka tingkat kabupaten Tahun 2023

Setelah selesai melaksanakan upacara, ditampilkan Seni Bela Diri Kuntau dari kolaborasi Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPBSI) dengan Perguruan Kuntau di HSS, Ponpes, siswa-siswi SD SMP dan SMA sederajat.

Di momentum itu Pemkab HSS turut memberikan penghargaan kepada sejumlah organisasi atas dukungan, sinergi, dan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk DPRD HSS, Kejari HSS, Polres HSS, Kodim 1003 HSS, Pengadilan Negeri Kandangan, MUI HSS, TP PKK HSS dan PT AGM.

Selain itu, juga diserahkan remisi kepada warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Kandangan, serta tali asih kepada veteran dan janda veteran di HSS, dan bupati secara simbolis menerima penyerahan satu buah bus dari PT AGM.

Baca juga: Bupati HSS lepas ratusan peserta Fun Bike Kemerdekaan di Kecamatan Kandangan
 
Penyerahan tali asih untuk veteran dan janda veteran, di Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan,
Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS) (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023