Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih peringkat 1 Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 dalam rangkaian peringatan puncak hari jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penghargaan ini atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten HSS Tahun 2021, diserahkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan diterima Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kantor Gubernuran Lama, Kota Banjarmasin.

"Selamat Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalsel untuk seluruh tamu undangan, serta seluruh masyarakat Kalsel," ujar Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin, mengutip pers release Diskominfo HSS, Rabu.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan kepada seluruh tamu undangan dan masyarakat yang telah berhadir, di hari puncak peringatan hari jadi.

Baca juga: HSS borong delapan penghargaan di puncak Harganas ke-30 tingkat provinsi

Dalam momentum hari jadi, diharapkan akan terus mampu meningkatkan semangat persatuan, persaudaraan, serta kegotongroyongan, dalam membangun banua menjadi yang lebih baik dan maju lagi. 

"Pertumbuhan ekonomi Kalsel cukup stabil dan positif, selain itu inflasi juga bisa dikendalikan. UMKM mampu bangkit dan pulih pasca pandemi COVID-19, serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  juga sangat bagus di angka 71,84 pada Tahun 2023 ini," ujarnya. 

Paman Birin juga menuturkan bahwa dari IPM tersebut mampu membuktikan keberhasilan Provinsi Kalsel dalam membangun sektor pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. 

Kalsel juga mampu dan berhasil dalam percepatan penurunan angka stunting, meningkatkan bidang pertanian dan peternakan, dengan mengembangkan program unggulan Kalsel yaitu SISKA KU INTIP. 

Selain itu, pembangunan infrastruktur yang terus ditingkatkan, baik yang mendukung sarana dan prasarana dalam peningkatan perekonomian daerah, maupun infrastruktur yang membuka akses wilayah dan kawasan.

Baca juga: HSS raih anugerah penghargaan KLA kategori Nindya

"Seperti pembangunan jalan lintas tengah kita, di Banjarbaru dan Batulicin yang saat ini terus dikerjakan," paparnya. 

Dalam momentum Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalsel, Paman Birin menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk mampu menghargai perjuangan pahlawan yang telah membangun Kalsel.

Kemudian harus bangga dengan segala pencapaian keberhasilan pembangunan Kalsel, bersama-sama mensyukurinya dan menjaga Kalsel agar ke depan makin mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan. 

Ditambahkan dia, seluruh jajaran pemerintah dan lapisan masyarakat agar terus mampu terus bersinergi bahu-membahu untuk membangun Kalsel, karena perjalanan kita masih panjang, dengan membangun daerah kabupaten atau kota maka telah juga membangun provinsi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023