Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H  Achmad Fikry mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kabupaten, dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

"Persiapkan diri dengan baik, utamanya fisik dan mental. Berbagai latihan yang telah diikuti selama masa persiapan hendaknya benar-benar dioptimalkan, sehingga nantinya pelaksanaan pengibaran bendera dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata Fikry dalam sambutan pengukuhan, di pendopo kabupaten, Kandangan, Senin.

Dijelaskan Fikry, tugas yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus nanti hendaknya dijadikan tonggak penting dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik di HSS.

Baca juga: Bupati HSS lepas ratusan peserta Fun Bike Kemerdekaan di Kecamatan Kandangan

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pengukuhan ini adalah awal dari perjuangan para Paskibraka yang tidak boleh terhenti ketika berakhirnya tugas sebagai anggota paskibraka Tahun 2023.

Semangat nasionalisme, kebersamaan, kekompakan serta kepemimpinan yang telah dilatih selama ini harus mampu terjaga, dan terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalian merupakan orang-orang pilihan dan menjadi teladan serta kebanggaan bagi pribadi maupun keluarga, saya percaya kalian nantinya akan dapat meneruskan pembangunan di daerah kita tercinta,” ujarnya.

Tak lupa, ia juga mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada para anggota paskibraka yang telah terpilih, serta kepada para pelatih, panitia pelaksana, para purna paskibraka.

Baca juga: Pemkab HSS terus dorong kemajuan pelaku UMKM daerah

Serta, semua pihak yang telah berupaya maksimal mempersiapkan para anggota paskibraka, begitu pula kepada para orang tua yang selama ini telah mendukung dan memberikan doa restunya bagi anak-anaknya.

Upacara pengukuhan diikuti 32 anggota Paskibraka terpilih dari Kabupaten HSS, diawali pengucapan Ikrar Pemuda Indonesia oleh perwakilan Paskibraka.

Kemudian dilakukan prosesi mencium Sang Saka Merah Putih sembari diiringi lagi 'Padamu Negeri', selanjutnya dilakukan pemasangan kendit sebagai tanda resmi menjadi anggota Paskibraka Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023