Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar Grand Final Duta Genre (Generasi Berencana) 2023, di Atrium Duta Mall Banjarmasin.

Pada rilis Humas BKKBN Kalsel, di Banjarmasin, Senin, disampaikan, Grand Final diikuti oleh 10 peserta remaja putri dan 10 peserta remaja putra, yang terpilih menyisihkan ratusan peserta seleksi dan audisi Duta Genre 2023.

Baca juga: Kepala BKKBN: Kader dan Pendamping Keluarga, berperan jalankan program KB

Kepala perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan menyampaikan, Satu pasang peserta putra dan putri Duta Genre yang terpilih, nantinya akan mengikuti ajang kompetisi Duta Genre, mewakili Kalsel di tingkat nasional.

“Kita sebenarnya sudah Dua kali mengukir prestasi berturut turut, bahkan provinsi lain sampai iri, kok Kalsel terus yang menang,” Kata Ramlan, di sela-sela malam Grand Final pemilihan Duta Genre Kalsel di Atrium Duta Mall Banjarmasin, pada Sabtu (05/08) malam.

Setelah memenangkan ajang Duta Genre menurut Ramlan, peserta berkewajiban membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

Dukungan progam tersebut, lanjutnya sangat dibutuhkan sebagai harapan bagi remaja agar mampu melangsungkan jenjang pendidikan dan berkarir dalam pekerjaan secara terencana.

“Mereka bisa mengedukasi sesamanya untuk tidak kawin muda,” beber Ramlan.
 
Acara Grand Final Duta Genre 2023. Tingkat Provinsi Kalsel, di Duta Mall Banjarmasin, Sabtu (5/82023) (ANTARA/ Latif Thohir)

Program Duta Genre ini, jelas Ramlan, juga membantu pemerintah dalam membentuk karakter generasi muda untuk menjauhi Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif).

Dengan menjauhi segala perbuatan negatif itu, akan tercipta remaja tangguh yang dapat berkontribusi dalam hal pembangunan.

“Sebagai figur teladan di kalangan generasi muda Duta Genre diharapkan mampu menjadi role model dalam meningkatkan pemahaman terkait kesehatan remaja, pernikahan dini, seks bebas, narkoba, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Terakhir, Ramlan menginginkan kontribusi Duta Genre dalam mensosialisasikan program pencegahan stunting, agar prevalensi di Kalsel terus berkurang dari tahun ke tahun.

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri pada Grand Final, Yoga Putra Wibowo dan Anandyta Amalia, terpilih menjadi Duta Genre Putra dan Putri Kalsel tahun 2023.

Sementara terbaik kedua dan ketiga masing-masing ditempati pasangan Muhammad Rafli Pratama Saputra dan Silvia Atwi Maharani, dan Hermansyah dan Regista Tri Puspitasari.

Baca juga: Bupati Banjar raih penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023