Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin berharap aspirasi dari hasil reses menjadi pertimbangan perencanaan pembangunan daerah.

Berdasarkan keterangan tertulis di Banjarmasin, Minggu, menyebutkan Syaripuddin menyampaikan harapan itu usai reses pada 11-18 Juni 2023.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel Suripno reses sosialisasikan keringanan urusan dan bayar PKB

Saat reses di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Syaripuddin menerima beragam aspirasi antara lain terkait infrastruktur jalan, pendidikan dan pertanian.

Hasil tersebut akan dirangkum menjadi Pokok Pikiran Dewan dan sebagai bahan dalam pembahasan perencanaan pembangunan agar tepat sasaran sesuai aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu itu menunjuk contoh aspirasi terkait infrastruktur terutama masalah jalan nasional maupun kerusakan lingkungan.

Baca juga: Wakil rakyat Kalsel sosok orang peduli dan banyak kerja

Begitu pula fasilitas pendidikan serta pertanian masih masyarakat keluhkan, dan mereka mengadukan seperti sarana pendidikan belum memadai.

“Pemerintah perlu membuka mata dan bekerja efisien dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. Apa yang menjadi aspirasi tingkat bawah harus didengarkan dan direalisasikan," ujar mantan anggota DPRD Tanah Bumbu itu.

Politikus muda itu mengingatkan berdasarkan Undang Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, reses merupakan instrumen penting setiap anggota dewan guna menampung dan menyerap aspirasi masyarakat yang diwakilinya sesuai daerah pemilihan masing-masing.

Dalam pelaksanaan reses kedua DPRD Kalsel 2023 selama delapan hari, Syaripuddin menyerahkan aspirasi dari 12 kecamatan di "Bumi Bersujud" Tanah Bumbu.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel reses temani nelayan tangkap ikan

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023