Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK ketika reses atau turun ke masyarakat menemani nelayan wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara menangkap ikan 

"Ketua Dewan provinsi tersebut menemani nelayan menangkap ikan saat reses ke-2 dalam Tahun Anggaran 2023,":ujar Humor Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel melalui telepon seluler, Kamis malam.

Juru Bicara (Jubir) Setwan Kalsel menerangkan, momen Kembali ke Daerah Pemilihan (Dapil) untuk melaksanakan reses menyerap aspirasi, Ketuan Dewan manfaatkan dengan baik saat turun ke masyarakat.

Seperti terlihat saat reses hari ketiga (13/6/23) di Desa Pal Batu HSU H. Supian HK selain menggelar pertemuan dengan aparatur desa setempat, juga menyambangi para nelayan untuk ikut turun menangkap ikan dengan teknik “Selambau” berbaur dengan masyarakat.

Selambau adalah alat tangkap ikan tradisional yaitu dengan cara mamasang jaring di tengah sungai saat air pasang dan ketika surut ikan akan ikut turun, maka waktu itulah kumpulan ikan yang lewat terjebak dalam jaring yang panjang tersebut.

Menurut Supian HK, teknik menangkap ikan selambau lebih ramah terhadap ekosistem air sungai, hanya ikan besar yang masuk ke dalam jaring yang dapat diangkat, sehingga habitatasi ikan masih terjaga.

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu juga mengimbau para nelayan agar lebih bijaksana dalam menangkap ikan, hindari penangkapan dengan cara menyetrum dan menggunakan potas, agar ekosistem air sungai dapat terjaga dengan baik.
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK saat reses di Kabupaten Hulu Sungai Utara, 11 - 18 Juni 2023 ikut nelayan menangkap ikan,. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

"Menjaga ekosistem sungai penting, sehingga anak cucu kita dapat terus merasakan kekayaan alam yang terdapat di sungai kita, seperti di HSU," tegas Supian HK yang bergelar sarjana dan magister hukum serta mendapat gelar doktor kehormatan.

Dalam pertemuan dengan aparatur Desa Pal Batu ( sekitar 185 kilometer utara Banjarmasin) Supian HK menerima keluhan masyarakat setempat masih banyaknya tanaman "susupan gunung" (tumbuhan berduri seperti malu-malu putri) yang menutupi daerah perairan mereka.

Pada kesempatan itu, wakil rakyat kelahiran Rantau Bujur HSU yang berusia 65 tahun tersebut, berjanji bersama pemerintah daerah akan terus mengupayakan, pengendalian pertumbuhan tanaman berupa gulma itu 

Sebagaimana terjadwal masa reses ke-2 tahun ini bagi pimpinan/anggota DPRD Kalsel, 11 - 18 Juni 2023, demikian keterangan pers Humas Setwan provinsi setempat.
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK saat reses di Kabupaten Hulu Sungai Utara, 11 - 18 Juni 2023 ikut nelayan menangkap ikan,. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023