Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) melakukan pemetaan terhadap kerawanan pada tahapan pelaksanaan Pemilu 2024.
 
Menurut Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin H M Yasar pada kegiatan fasilitas Sentra Gakkumdu tahap pemutakhiran daftar pemilih dan penyusunan daftar pemilih di Hotel Rattan In Banjarmasin, Rabu, kegiatan ini sebagai penyamaan persepsi untuk itu.
 
"Jadi antar kita di Sentra Gakkumdu, baik kepolisian maupun kejaksaan, kita sama-sama dalam tahapan ini melakukan mitigasi dan pencegahan sebelum terjadi nantinya laporan pelanggaran," ujarnya.

Dia mengatakan tahapan Pemilu 2924 yang saat ini sudah mulai berjalan, lumayan panas, baik terkait verifikasi administrasi calon legislatif, maupun verifikasi daftar pemilih.
 
"Walaupun prosesnya ini masih panjang hingga 23 Juni 2023, tapi kita harapkan dengan penyamaan persepsi ini jika terdapat temuan maupun laporan bisa dilakukan proses dengan lancar," ujar Yasar.
 
Dia pun menyampaikan, perlu dilakukan pemetaan terhadap kerawanan pelanggan di setiap tahapan Pemilu ini, tujuan utamanya untuk melakukan pencegahan.
 
"Kita minta juga KPU terbuka, karena kita juga akan terbuka dengan KPU, hingga sama-sama kita cegah, sebelum langkah terakhir penindakan," ucap Yasar.
 
Sementara itu, Jaksa Fungsional Kejaksaan Tinggi Kota Banjarmasin Mashuri S.H menyampaikan dukungan penuh atas segala kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu Banjarmasin untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan lancar dan demokrasi.
 
"Dukungan kita kan, kalau nanti ada pelanggan pidana Pemilu, sebagai anggota Gakkumdu tentunya aktif untuk itu, dalam hal ini kami kejaksaan berwenang dalam hal penuntutan," ujarnya.
 
Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Thomas Afrian SIK, M.H juga menyampaikan, pihak kepolisian selalu siap siaga dalam pengamanan Pemilu 2024 ini.
 
"Pada prinsipnya kami dari kepolisian sengat mendukung, apalagi menyatukan visi dan misi seperti pada kegiatan ini, jika terjadi nantinya pelanggaran, moga-moga tidak ada, kesiapan kita bersama untuk menanganinya bisa berjalan lancar," ujarnya.
 
Dia pun memastikan personil kepolisian di Kota Banjarmasin terlibat untuk pengamanan proses dan tahapan Pemilu 2024 ini.
 
"Utamanya di setiap Polsek untuk keamanan daerahnya masing-masing," demikian kata Thomas.
 
Adapun kegiatan Fasilitas Sentra Gakkumdu tahap pemutakhiran daftar pemilih dan penyusunan daftar pemilih yang di gelar Bawaslu Kota Banjarmasin di Hotel Rattan In Banjarmasin berlangsung dari 24--25 Mei 2023.
 
Kegiatan itu diisi dengan pelaksanaan diskusi, yakni, tentang Ketentuan Perbawaslu 3 Tahun 2023 Tentang Sentra penegakan hukum terpadu yang disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Azhar Ridhanie.
 
Selanjutnya, diskusi tentang peran Sentra Gakkumdu dalam penegakan hukum Pemilu
tahun 2024 yang disampaikan Akademisi Lena Hanifah, S.H., L.LM., Ph.D. Diskusi tentang
delik pidana Pemilu tahapan pencalonan, pemutakhiran data Pemilih dan kampanye yang disampaikan Akademisi Wahyu, S.H., M.H.
 
Kemudian, diskusi tentang pengawasan tahapan pencalonan, pengawasan tahapan pemutakhiran daftar pemilih dan pengawasan tahapan kampanye. Terakhir diskusi tentang Juknis penanganan pelanggaran Pemilihan Umum No. 169/PP.00.00/K1/05/2023.
Bawaslu Banjarmasin gelar kegiatan fasilitas Sentra Gakkumdu tahap pemutakhiran daftar pemilih dan penyusunan daftar pemilih di Hotel Rattan In Banjarmasin dari 24--25 Mei 2023. (ANTARA/Sukarli)
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023