Polda Kalimantan memetakan potensi kerawanan jalur mudik terutama untuk transportasi darat yang menuntut kewaspadaan pengendara angkutan umum maupun kendaraan pribadi agar tak menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

"Saya sudah perintahkan Dirlantas mulai memetakan mana jalur rawan macet, rawan laka hingga rawan tindak kejahatan agar dapat diantisipasi," kata Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Arus Mudik - Dit Pamobvit Polda Kalsel antisipasi serbuan masyarakat di objek wisata

Menjelang arus mudik Lebaran2023, Kapolda Kalsel mengaku berkoordinasi lintas sektoral terus diintensifkan agar semua bisa sinergi guna mendukung kelancaran masyarakat menuju perjalanan pulang ke kampung halaman.

Khusus untuk jalur darat, Andi menyatakan memang mendapatkan perhatian khusus lantaran paling rawan menimbulkan jatuh korban jiwa dari pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

Apalagi hasil survei Tim Monitoring Kesiapan Jalur Lebaran Kalimantan Selatan 2023 masih menemukan adanya jalan rusak terutama lubang pada badan jalan.

Baca juga: Arus Mudik - Kalimantan Selatan kondusif selama arus mudik Lebaran

Khusus untuk jalan nasional yang mayoritas menjadi jalur utama pemudik lintas kota dan provinsi ditargetkan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan proses perbaikan jalan selesai pada H-10 Lebaran. 

Kemudian sebagai pengingat masyarakat berhati-hati ketika melintas di jalur rawan kecelakaan, Kapolda menginstruksikan anggotanya bisa memperbanyak spanduk imbauan dan peringatan di tepi jalan setempat.

Sedangkan untuk moda transportasi laut dan udara diperintahkan dia pengamanan dioptimalkan pada pelabuhan dan bandara terutama mencegah segala tindak kejahatan seperti copet dan sebagainya serta antisipasi keberadaan calo tiket agar masyarakat tidak resah dan menjadi korban.

Baca juga: Arus Mudik - Kapolresta Banjarmasin jamin pemudik aman dan nyaman di pelabuhan

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023