Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Kalimantan Selatan Saut Natal Samosir memastikan bakal memperjuangkan konektivitas dan efisiensi logistik di provinsi setempat.
 
Samosir yang ikut dikukuhkan menjadi pengurus Kadin Kalsel untuk periode 2023--2027 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis, menyampaikan akan menjalankan tugas sesuai amanah yang diemban.

Baca juga: Perekonomian di Kalsel tumbuh 5,6 persen pada 2022
 
Pria yang merupakan pemilik Ekspedisi Lintas Jawa Group tersebut mendapatkan amanah menduduki Ketua Komite Tetap Peningkatan Konektvitas dan Efesiensi Logistik Nasional Kadin Kalsel.
 
Samosir yang juga anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PDIP tersebut berjanji akan memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran, agar peningkatan konektivitas dan efisiensi logistik di Provinsi Kalsel bisa lebih baik.
 
“Khususnya konektivitas dan efisiensi logistik jalur laut yang memang bidang saya di situ. Tentu akan kita dorong agar hal tersebut terjadi dengan kolaborasi yang baik antara organisasi terkait, instansi terkait hingga BUMN dalam hal ini Pelindo,” ungkapnya.
 
Selama ini terlihat memang banyak hal yang harus dibenahi bersama agar konektivitas dan efisiensi logistik jalur laut di Provinsi Kalsel dapat semakin baik.
 
Salah satunya terkait infrastruktur di wilayah Pelabuhan yang harus dilakukan peremajaan agar kecepatan bongkar muat logistik di kawasan tersebut menjadi lebih bagus lagi.

Baca juga: Kadin Kalsel diminta aktif dobrak pembangunan infrastruktur
 
Lalu masalah lainnya yaitu ketersediaan BBM bersubsidi untuk mobil angkutan juga perlu diberikan perhatian. Hal itu agar pelaku usaha logistik bisa tepat waktu dalam melakukan bongkar muat dan pengantaran pesanan barang ke konsumen.
 
“Selama ini memang itu sudah disiasati dengan adanya jalur SPBU khusus untuk pelaku usaha logistik mengantri BBM bersubsidi. Namun karena kuotanya terbatas, kadang-kadang mobil angkutan pelaku usaha logistik masih sering kesulitan mendapatkan BBM bersubsidi, akibatnya proses bongkar muat dan pengantaran pesanan barang menjadi terlambat,” ujar Samosir.
 
Karena berbagai permasalahan tadi tentunya akan diupayakan untuk bisa dicarikan solusi bersama teman-teman pengurus Kadin Kalsel lainnya.
 
“Itu supaya konektivitas dan efisiensi logistik jalur laut di Provinsi Kalsel dapat diwujudkan. Ujungnya harga barang bisa efisien dan masyarakat bisa sejahtera,” ujarnya.

Baca juga: Poliban dan Kadin Kalsel buat komitmen tingkatkan nilai generasi muda

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023